Jaga Privasi, Zoom Tingkatkan Fitur Keamanan

Jaga Privasi, Zoom Tingkatkan Fitur Keamanan
istimewa

INILAH, San Francisco - Zoom kini mengaktifkan kata sandi dan ruang tunggu untuk rapat secara default untuk semua pengguna, baik gratis maupun berbayar. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mencegah 'Zoombombing', tren saat ini di mana orang tak bertanggung jawab dan tak diundang mengganggu rapat dan berbagi konten mengejutkan termasuk pornografi.

Mengutip The Verge, pengaturan default tersebut akan menambah langkah pada proses bergabung dalam rapat, proses yang sebelumnya tidak dilakukan Zoom agar dapat mempermudah penggunaan untuk membantu memacu pertumbuhan. Perubahan tersebut berlaku mulai 5 April 2020.

Kata sandi pada Zoom sudah dihidupkan secara default untuk rapat baru, rapat instan, dan rapat yang Anda ikuti dengan ID rapat, sementara yang baru mulai 5 April 2020 adalah dihidupkannya kata sandi untuk rapat Zoom yang sebelumnya telah dijadwalkan.

Selanjutnya, Anda harus menunggu di ruang tunggu virtual baru untuk mendapat izin dari tuan rumah agar dapat bergabung dalam rapat. Tuan rumah dapat memilih orang masuk secara individu dari ruang tunggu atau secara sekaligus.

"Kami selalu berusaha untuk memberi lingkungan rapat virtual yang aman kepada pengguna kami. Efektif pada 5 April, kami mengaktifkan kata sandi dan ruang tunggu virtual secara default untuk pengguna Free Basic dan Single Pro kami. Kami sangat menganjurkan semua pengguna menerapkan kata sandi untuk semua pertemuan mereka," kata Zoom dalam pernyataan kepada The Verge. (inilah.com)