Dadang Naser Tinjau Kesiagaan Empat Dapur Umum Korban Banjir

Dadang Naser Tinjau Kesiagaan Empat Dapur Umum Korban Banjir
istimewa

INILAH, Bandung - Intensitas hujan deras yang cukup tinggi beberapa hari ke belakang, membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung kembali terendam banjir. Antara lain Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, dan Rancaekek.

Bupati Bandung Dadang Naser mengaku cukup prihatin dengan kondisi tersebut. Terlebih di tengah situasi merebaknya wabah virus corona. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pihaknya terus berupaya untuk membantu para korban terdampak banjir.

"Kami siapkan empat dapur umum, untuk mendistribusikan makanan bagi masyarakat di empat kecamatan terdampak," kata Dadang saat meninjau kesiagaan dapur umum lapangan di Kecamatan Bojongsoang, Senin (6/4/2020).

Di setiap lokasi itu, disiapkan dapur umum portabel dengan kapasitas masak 5.000, 6.000, dan 8.000 porsi. 

"Namun demikian Kabupaten Bandung saat ini cukup kewalahan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada para relawan di bawah naungan BPBD yang tanpa kenal lelah berjibaku di tengah banjir. Juga kepada BPBD Jabar yang sudah turun tangan membantu dapur umum di Kecamatan Baleendah," ucapnya.

Dia menyebutkan, penanganan banjir Bandung Selatan terus diupayakan pemerintah. Antara lain melalui pembangunan danau retensi, embung, dan terowongan untuk mempercepat laju air sungai.

"Dengan pembangunan yang sudah dilakukan, banjir Bandung Selatan cepat surut dibanding tahun kemarin. Namun karena saat ini puncak musim hujan, jadi banjirnya naik turun," ujarnya.

Dadang Naser pun mengimbau seluruh masyarakat terdampak, untuk menjaga kesehatan masing-masing di tengah kondisi banjir dan wabah corona. Lebih lanjut ia meminta jajarannya, untuk melaporkan bila ada garda terdepan yang ingin meyakinkan diri akan kesehatannya.

"Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan lagi kuota lebih banyak untuk rapid test Covid-19 berikutnya. Silakan bagi garda terdepan, baik itu tenaga kesehatan di kewilayahan, maupun personel BPBD di lapangan yang cukup riskan di tengah pandemi global ini untuk melaporkan diri ke puskesmas setempat. Semoga seluruh warga Kabupaten Bandung diberi kesabaran, kesehatan, dan semoga hujan cepat reda menjelang bulan suci Ramadan ini," jelasnya. (*)