Ratusan Warga Kabupaten Cirebon Daftar Tes Corona via Aplikasi Pikobar

Ratusan Warga Kabupaten Cirebon Daftar Tes Corona via Aplikasi Pikobar
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Sekitar 90 orang warga di Kabupaten Cirebon dari berbagai Kecamatan mendaftar lewat aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar).

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana mengatakan, dari 90 orang yang sudah mendaftar itu hanya 28 orang yang hadir. Hasilnya, merekan dinyatakan negatif Covid-19. Para pendaftar itu dites bertempat di Pusat Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon yang berlokasi di Spot Center Watubelah.

"Baru 28 orang yang bisa hadir atau sekitar 31,1%. Tapi alhamdulillah semua hasilnya negatif. Mereka sehat semua," kata Nanang, Selasa (7/4/2020).

Nanang menyebutkan, ada 260 orang yang akan diperiksa dan mendaftar lewat Pikobar. Rencananya, akan diberikan waktu tiga hari ke depan untuk proses pemeriksaan. Setiap harinya, dipersiapkan untuk 90 orang pemohon. Namun, dikarenakan hari pertama baru ada 28 orang, yang tidak hadir masih ada waktu dua hari ke depan atau sampai Kamis (9/4/2020) mendatang.

"Setiap hari kita fokuskan 90 orang. Tapi sampai hari ini setengahnya saja tidak ada. Tapi kami kasih kesempatan sampai Kamis nanti. Kalau sampai hari itu masih ada yang belum melakukan pemeriksaan, alatnya akan kami pakai untuk kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan Covid-19," ungkap Nanang.

Nanang menjelaskan, aplikasi Pikobar memiliki fitur periksa mandiri. Lewat fitur tersebut, warga di Jawa Barat dapat memeriksakan diri dengan melaporkan gejala-gejala yang dialami. Setelah itu, Pikobar yang menggunakan artificial intelligence (AI) akan memberikan diagnosis awal dan mengeluarkan rekomendasi.

"Nah dari hasil itu ada rekomendasi, apakah warga Jabar yang melapor mesti mendapatkan penanganan dokter atau cukup beristirahat di rumah. Tidak ada salahnya mencoba, tapi biasanya yang mendaftar orang yang punya resiko tinggi yang kadang berhubungan langsung dengan PDP," tukas Nanang. (Maman Suharman)