Rudy Gunawan Pesimistis Bisa Tekan Penyebaran Covid-19 di Garut

Rudy Gunawan Pesimistis Bisa Tekan Penyebaran Covid-19 di Garut
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan pesimistis upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Garut sekaligus mempertahankan Garut sebagai daerah steril bakal terwujud.

Pasalnya, dia menilai hal itu dikarenakan kurangnya kepatuhan warga terhadap imbauan pemerintah untuk menjaga jarak dalam beraktivitas sosial. Padahal, perilaku physical distancing itu merupakan pencegahan utama dari terpapar Covid-19.

Kekecewaan orang nomor satu di Garut itu dikemukakan dalam sebuah wawancara di sebuah stasiun radio swasta di Kota Dodol baru-baru ini.

Kendati demikian, Rudy menegaskan pihaknya tetap mengimbau agar warga bisa melakukan social/physical distancing dalam aktivitasnya.

"Saya tetap mengimbau dan terus mengimbau karena statusnyaa kini sudah PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Kan, sekolah sudah libur, bekerja sudah libur. Yang pabrik-pabrik, kami tinjau secara ketat. Social dan physical distancing-nya harus terwujud," kata Rudy, Selasa (7/4/2020).

Dia juga meminta para pemilik toko di pusat kota yang tak menjual sembako agar memperlihatkan solidaritasnya dengan menutup tokonya. Hal itu seperti halnya di Bandung dan daerah lain.

Rudy menegaskan, kini pihaknya akan mengambil langkah penegakan hukum bila terjadi pelanggaran. Hal itu karena sekarang sudah diberlakukan PSBB. (Zainulmukhtar)