Dishub Kota Bogor Konsisten Periksa Angkutan Umum

Dishub Kota Bogor Konsisten Periksa Angkutan Umum
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor terus melakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan kendaraan angkutan perkotaan (Angkot) Kota Bogor. Kali ini, pemeriksaan dilakukan tim Dishub di Jalan Dreded, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Selasa (07/04/2020).

Dari pantauan lapangan, hasilnya ada ratusan angkot yang dilakukan pemeriksaan kesehatan atau check point yang berlangsung setiap minggunya hingga semua angkot selesai diperiksa. Tim Dishub Kota Bogor terlihat menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap selain memeriksa, angkot juga disemprot dengan menggunakan cairan disinfektan.

Selain itu, diketahui bentuk kepedulian Dishub Kota Bogor bekerja sama dengan Organda Kota Bogor memberikan paket sembako kepada ratusan sopir angkot. Bantuan yang diberikan di antaranya beras untuk keperluan kurang lebih satu bulan. Pembagian dilakukan bertahap dengan melibatkan organda serta badan hukum.

Kepala Dishub Kota Bogor Eko Prabowo mengatakan, tujuan pemeriksaan angkot ini untuk memberikan pemahaman kepada sopir angkot tentang Covid-19. Selain itu, pemeriksaan angkot ini juga bertujuan ingin mengetahui kondisi fisik penumpang juga kendaraan agar bersih dari virus Covid-19.

"Ini juga bentuk pembatasan pergerakan secara minimal baik angkutan umum atau orang dalam mencegah penyebaran secara masif covid 19," ungkap Eko kepada wartawan usai pemeriksaan.

Eko menjelaskan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dilakukan juga kegiatan empati kepada para sopir angkot dengan membagikan sejumlah beras kepada para supir angkot.

"Kita juga lakukan aksi sosial membagikan sembako berupa beras kepada para sopir angkot. Ini sebagai langkah kecil nyata Dishub, sebagai pemantik bagi donatur-donatur lainnya yang diberikan rejeki lebih untuk berbuat sama seperti Dishub, membantu saudara saudara kita yang kurang beruntung akibat terkena imbas Covid-19," jelasnya.

Eko menegaskan, kegiatan akan dilakukan secara bertahap dilakukan pada titik-titik tertentu, hingga semua angkot juga sopirnya dipastikan sudah diperiksa.

"Kami sudah lakukan beberapa kali, untuk menjaga keamanan serta bentuk antisipasi, tim kami mengenakan APD lengkap," pungkasnya. (Rizki Mauludi)