Dispora Jabar Gandeng Pemuda dan Pegiat Olahraga Lawan Corona

Dispora Jabar Gandeng Pemuda dan Pegiat Olahraga Lawan Corona
istimewa

INILAH, Bandung-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat mengajak pemuda dan pegiat olahraga untuk berpadu turut menyikapi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona. Ada dua program yang dilaksanakan, yaitu sosialisasi secara masif dan melakukan koordinasi yang lebih terarah.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jabar Engkus Sutisna mengatakan, pihaknya memang menjadi bagian dari Gugus Tugas divisi pemberdayaan aparatur masyarkat. 

 

"Ada dua program yang kita mulai laksanakan dan nanti akan terus kita sosialisasikan. Pertama kita membuat sosialisasi secara masif, protokol kesehatan covid - 19 dan juga dalam rangka mendukung pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," ujar Engkus, Selasa (7/4/2020).

.

Dalam hal ini, dia mengatakan, melibatkan para pemuda di Jabar baik di tingkat pribadi maupun organisasi. Di mana media sosial menjadi senjata mereka untuk menyebarkan informasi penting dan akurat kepada masyarkat terkait isu Covid-19. 

 

"Sekarang kan teman teman pemuda rata rata memiliki atau aktif dalam media sosial. Jadi kita imbau dalam media sosial mereka apakah itu Facebook, IG (Instagram) , Twitter, ataupun medsos lainnya," katanya.

 

Disamping mereka melakukan hubungan sosial, pihaknya berharap para pemuda juga bisa mensosilisasikan informasi informasi tentang masalah keprotokolan covid 1. Adapun sumber informasi yang disebarkan, yaitu yang benar-benar valid. 

 

"Bersumber dari grup WA (WhatsApp) Gugus Tugas, kemudian kita ada punya yang memang resmi, kemudian dari kementerian kesehatan dan sebagainya. Jadi dijamin itu tidak hoax," katanya.

 

Sejauh ini, Engkus mengaku, Dispora Jabar telah menggandeng Mitra Kerja Sarjana dalam Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga (P3OR) sekitar 110 orang. Mereka pun, dia menambahkan, turut serta mensosialisasikan informasi kepada masyarkat terkait antisipasi Covid-19 ini. 

 

Adapun pola sosialisasi yang dilakukan oleh Mitra Kerja Sarjana ini, yaitu melanjutkan informasi dari Dispora Jabar kepada masyarkat. 

 

"Kita kan punya Facebook dan IG Dispora. Nah mudah mudahan dengan kita ke depan itu akan ada khusus sumber informasi dari Dispora tadi," ucapnya. 

 

Pihaknya berharap, seluruh lapisan pemuda Jabar berpartisipasi aktif menyebar luaskan berita positif sambil mencegah berita hoak. Karena itu, dengan gerakan yang dilakukan oleh pemuda maupun Mitra Kerja Dispora Jabar akan meningkatkan kesadaran dari masyarakat, khususnya dalam pencegahan. 

 

"Saat kita sosialisasikan memakai masker ya bisa semuanya menggunakan masker. Kalau kita infotmasikan tinggal di rumah ya tinggal di rumah," katanya.

 

Engkus melanjutkan, saat ini sudah terbentuk beberapa relawan pada sejumlah organisasi. Di antaranya, yang dikoordinasikan oleh KNPI dan Pramuka juga Karang Taruna. 

 

Dispora Jabar telah melakukan komunikasi dengan para relawan tersebut. Di mana ke depan diharapkan dapat lebih terkoordinasi, mengingat partisipasi yang dilakukan oleh para relawan dalam menyikapi pandemik virus Corona ini sangat positif.

 

"Jadi mereka saat ini banyak yang bergerak melaksanakan penyemprotan disinfektan dan lain-lain," katanya. 

 

Engkus menambahkan, pihaknya sedang berupaya memfasiltasi relawan dari berbagai organisasi tersebut agar lebih terkoodinir dengan optimal. "Sehingga kita bisa mengetahui berapa organisasi yang memiliki relawan dan sebagainya. Itu yang kita lakukan mengajak lapisan pemudan dan pegiat olahraga," pungkasnya. (riantonurdiansyah)