Lima Mitos dan Fakta Asupan Nutrisi untuk Melawan Virus Corona

Lima Mitos dan Fakta Asupan Nutrisi untuk Melawan Virus Corona
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Memenuhi nutrisi yang tepat dan cukup sangat penting untuk menangkal virus corona (COVID-19).

Menurut Sakinah, S.Gz Ahli Gizi KALCare, seperti yang dikutip dari Kulwap KALCare dengan tema Tema Anti Panik Hadapi Wabah Virus Corona, Jakarta, Selasa, (07/04/2020), menjelaskan ada beberapa mitos dan fakta yang terjadi di masyarakat.

Berikut adalah lima mitos dan fakta yang bisa Anda simak.

1. Mitos : Mengonsumsi bawang putih bisa mencegah infeksi virus Corona.

Fakta : Bawang putih memang mengandung zat antimikroba di dalamnya.

"Namun, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa bawang putih dapat mencegah infeksi COVID-19," kata Sakinah.

2. Mitos : Mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari temulawak, kunyit, dan lain sebagainya dapat mencegah penularan virus Corona.

Fakta : Memang benar bahwa temulawak dan kunyit memiliki kandungan bahan aktif untuk menangkal atau melawan virus yang menyerang tubuh.

"Kendati demikian, bukan berarti semua jenis virus, termasuk virus corona, dapat hilang dengan mengonsumsi temulawak dan kunyit. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk itu," tambahnya.

3. Mitos : Minum air putih setiap 15 menit dapat membasmi virus corona yang masuk melalui mulut.

Fakta : Konsumsi air putih 8-10 gelas sehari memang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, namun mengonsumsi air sebanyak dan sesering apapun tidak terbukti mencegah atau mengurangi virus corona yang masuk.

4. Mitos : Berkumur air hangat dengan garam dan cuka dapat menangkal virus corona

Fakta : Berkumur air hangat dengan campuran garam ataupun cuka memang sudah lama digunakan sebagai cara menghilangkan gejala penyakit yang berkaitan dengan flu dan sakit tenggorokan.

"Akan tetapi, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa cara tersebut dapat membantu menangkal virus corona," paparnya.

5. Mitos : Banyak mengonsumsi air hangat mampu mencegah penularan virus corona.

Fakta : Mecoba memanaskan tubuh dengan minum dan mandi air hangat serta berjemur agar menghindari virus corona terbukti tidak efektif, butuh suhu sekitar 60C untuk membunuh virus dan tentunya itu lebih panas dari pada mandi air hangat dan sauna.(Inilahcom)