Banjir Terjang Sejumlah Desa di Cikajang

Banjir Terjang Sejumlah Desa di Cikajang
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Banjir menerjang beberapa kampung di sejumlah desa di Kecamatan Cikajang, menyusul hujan deras, Selasa (7/4/2020) petang.

Tidak dilaporkan ada korban jiwa. Pun kerugian maupun kerusakan sarana prasana akibat banjir tersebut masih belum diketahui.

Sejumlah relawan di lapangan menyebutkan, banjir terjadi menyusul hujan deras berlangsung mulai sekitar pukul 15.30-17.15 WIB mengakibatkan meluapnya sejumlah anak sungai Cimanuk serta sungai Ciantung yang melalui beberapa desa.

Sejumlah daerah dilanda banjir tersebut antara lain Kampung Ciantung, dan Kampung Cibojong Desa Balewangi; Kampung Barukai Desa Cisurupan; Kampung Patrol Desa Cidatar; Kampung Ciraab, Kampung Leles, dan Kampung Cimanuk Desa Mekarsari; dan Kampung Muara Desa Sukawargi.

"Kita masih melakukan pendataan. Petugas di lapangan cukup kesulitan karena lewat maghrib hujan ternyata turun lagi cukup deras. Data sementara yang kita terima, ada beberapa rumah warga terendam. Di Mekarsari ada dua jembatan anak sungai yang pondasinya bergeser, serta di Desa Sukawargi ada kirmir benteng ambrol," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Firman Karyadin didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Tb Agus Sopyan.

Agus menyebutkan, penanganan sementara atas kejadian banjir tersebut di Kampung Bojong warganya membagi dua arus air supaya air cepat surut. Di masing-masing lokasi banjir, warga kompak bersama kepala desa, perangkat desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas bergotong royong melakukan pembersihan rumah yang terendam. (Zainulmukhtar)