Dishub Purwakarta Intensifkan Pemeriksaan Kendaraan Umum Lintas Wilayah

Dishub Purwakarta Intensifkan Pemeriksaan Kendaraan Umum Lintas Wilayah
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta mulai mengintensifkan pemeriksaan kendaraan umum, baik yang rute antarkota dalam provinsi (AKDP), maupun angkutan umum antarkota antarprovinsi (AKAP) yang hilir mudik ke wilayah tersebut. Apalagi, angkutan umum dari wilayah zona merah Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta Iwan Soeroso Soediro menuturkan, pemeriksaan kendaraan umum ini tak lain sebagai bagian dari upaya antisipasi, penanggulangan dan pencegahan menyebarnya wabah virus corona di wilayah kerjanya.

“Kegiatan ini, dilakukan di dua lokasi yang selama ini menjadi simpul penumpang. Titik pertama di exit Tol Sadang dan kedua di Terminal Ciganea,” ujar Iwan, Selasa (7/4/2020).

Adapun pemeriksaan yang dimaksud, terang Iwan, yakni dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpangnya, serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh bagian kendaraan umum tersebut.

“Selama ini, wilayah kami menjadi daerah perlintasan dua kota besar, yakni Bandung dan Jakarta. Dengan begitu, banyak kendaraan umum yang melintas ke wilayah kami. Sebagai bagian antisipasi, kendaraan-kendaraan ini kami periksa,” jelas dia.

Iwan menuturkan, sejak pagi hingga sore tadi ihaknya telah melakukan pemeriksaan belasan angkutan umum. Di dua titik itu, satu persatu para penumpang dan pengemudi di cek suhu tubuh menggunakan thermometer. Awak kendaraan, baik angkutan umum, elf dan bus juga disemprot cairan disinfektan.

Aturan tersebut diakuinya merupakan tindak lanjut surat edaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkaitan dengan pembatasan angkutan penumpang selama tanggap corona. Pihaknya mengakui, edaran ini juga akan berdampak terhadap pengaturan di Purwakarta yang selama ini menjadi transit lokal. (Asep Mulyana)