Awas, Kriminalitas Mengintai di Tengah Pandemi Covid-19

Awas, Kriminalitas Mengintai di Tengah Pandemi Covid-19
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Warga di sejumlah daerah di Kabupaten Garut kini mulai dihinggapi was-was akan potensi maraknya aksi kriminalitas di tengah kebingungan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Melalui jejaring media sosial, warga pun mulai saling mengingatkan untuk mewaspadai potensi kriminalitas yang bisa mengintai di mana pun dan kapan pun itu. Terlebih dalam beberapa hari terakhir, di sejumlah tempat di Kabupaten Garut terjadi aksi pencurian kendaraan bermotor. Pencurian justeru berlangsung di rumah atau sekitar rumah korban.

"Kemarin, tetangga saya kehilangan mobil bak di depan rumah. Beberapa hari sebelumnya, di daerah Sanding (Garut Kota), dua motor sekaligus hilang, padahal disimpan di rumah. Kita juga jadi enggak tenang. Sudah usaha makin sepi, pengeluaran tak berkurang...," kata Didin (35) pedagang kopi dan mie rebus warga Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (7/4/2020).

Kekhawatiran serupa dikemukakan Nurtanti (37) warga Pataruman Kecamatan Tarogong Kidul. Dia pun memperlihatkan pesan singkat dari temannya yang mengingatkan agar selalu berhati-hati karena sekarang ini sedang banyak terjadi aksi maling ke rumah-rumah dan pencurian kendaraan bermotor.

"Kita juga bukan mau suuzon (berburuk sangka). Tetapi bagaimanapun, banyaknya napi yang dibebaskan dengan alasan mencegah penyebaran corona itu membuat kita khawatir. Padahal kita saja yang bebas, makin kesulitan cari pendapatan," ujarnya.

Belum ada keterangan dari pihak terkait mengenai ancaman potensi tindak kejahatan di tengah darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19 seperti dikhawatirkan warga tersebut.(zainulmukhtar)