Dadang Dukung Emil Ajukan PSBB Bodebek

Dadang Dukung Emil Ajukan PSBB Bodebek

INILAH, Bandung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mendukung penuh rencana Gubernur Ridwan Kamil melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima wilayah yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok, guna mempercepat penanganan penyebaran corona virus disease 19 (covid-19).

Ketua Komisi V DPRD Jabar Dadang Kurniawan mengatakan, pihaknya setuju dengan rencana gubernur tersebut. Menurutnya PSBB harus dilakukan untuk mempercepat penanganan pandemi corona. Kelima wilayah tersebut adalah daerah penyangga ibukota DKI Jakarta, yang menjadi awal penyebaran.

"Kami dari DPRD sangat mendukung keputusan gubernur untuk memberlakukan PSBB, dalam mempercepat penanganan corona. Sebab lima wilayah itu, adalah daerah yang dekat dengan ibukota. Daerah penyangga ibukota. Dimana kita tahu, secara nasional DKI adalah titik awal penyebarannya," ujar Dadang kepada Inilah, Rabu (8/4/2020).

Kemungkinan Bodebek masuk dalam zona penerapan PSBB diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun akan menyamakan polanya dengan yang diterapkan di Jakarta.

“PSBB (Jawa Barat) fokus ke Bodebek dulu. Jakarta sudah disetujui, maka Jabar akan samakan polanya dulu untuk kabupaten/kota yang berdekatan dengan Jakarta, yaitu Depok, Bekasi dan Bogor,” kata Emil, sapaan akrabnya, Selasa (7/4).

Dia mengatakan dengan disetujuinya PSBB Jakarta, pihaknya segera melakukan sinkronisasi dengan Provinsi DKI Jakarta karena penyebaran virus ini 70% ada di Jabodetabek.

“Tidak bisa kalau hanya DKI Jakarta yang melakukan PSBB, sementara yang lain tidak melakukan. Jadi itu disinkronkan hari ini. Kebetulan ada rapat sama Pak Wapres. Nanti disampaikan,” tambahnya. (yuliantono)