Jam Operasional Pasar Tradisional dan Modern di Cirebon Dibatasi

Jam Operasional Pasar Tradisional dan Modern di Cirebon Dibatasi
net

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon akhirnya membatasi jam operasional pasar tradisional, minimarket, hingga pasar swalayan. Pembatasan jam operasional itu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Cirebon.

Pembatasan tersebut dituangkan melalui surat edaran. Secara rinci, jam operasional pasar swalayan yakni pukul 08.00-18.00 WIB. Sedangkan, pasar tradisional dibatasi mulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

"Surat edaran sudah dibuat dan dikirimkan ke pihak pengelola pasar, minimarket hingga swalayan se-Kabupaten Cirebon," kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Rabu (8/4/2020).

Imron menjelaskan, aturan tersebut tidak berlaku bagi minimarket 24 jam yang berada di rest area jalan tol di wilayah Kabupaten Cirebon. Menurutnya, minimarket di rest area jalan tol tersebut diwajibkan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya, mengecek suhu tubuh setiap pengunjung serta menyediakan hand sanitizer ataupun wastafel.

"Petugasnya  wajib mengenakan alat pelindung diri (APD), minimal masker serta sarung tangan.

Imron menyebutkan, kebijakan tersebut berlaku setiap hari sejak 7 April hingga 6 Mei 2020 atau sesuai dengan yang tercantum dalam surat edaran tersebut.

Sementara, beberapa pedagang pasar tradisional mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan surat edaran tersebut. Mereka berharap, wabah corona segera berakhir dan mereka bisa kembali berdagang normal seperti semula. Menurut mereka, omzet mereka turun drastis.

"Omzetnya turun cukup drastis. Mau bagaimana lagi, kan kondisinya begini. Sementara harga harga juga semakin naik. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kami bisa berjualan dengan normal," kata salah satu pedagang yang enggan disebutkan namanya. (Maman Suharman)