DPRD Jabar Minta ASN Ikuti Pemerintah Tentang Larangan Mudik

DPRD Jabar Minta ASN Ikuti Pemerintah Tentang Larangan Mudik

INILAH, Bandung - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Dadang Kurniawan meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk tidak mudik guna mencegah penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) secara lebih luas.

Dadang mengatakan, Surat Edaran Menpan-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang larangan mudik bagi ASN wajib diikuti. Sebab, ditutupnya sementara institusi pemerintah yang dilakukan bukan dimaksudkan untuk memberi liburan. Tetapi untuk mencegah penyebaran pandemi corona, secara massif. Dia berharap, para ASN dapat mengikuti perintah tersebut meski sebentar lagi akan memasuki masa libur lebaran.

"Kami harapkan dan mengharuskan ASN untuk ikuti. Tolong, untuk yang masih berpandangan ini adalah liburan. Mohon kesadarannya, karena kita begini karena untuk pencegahan corona secara lebih luas. Apalagi nanti puasa dan lebaran. Biasanya ada mudik massal. Tolong untuk dikontrol. Bukan kita melarang untuk ketemu keluarga. Tetapi ini untuk kebaikan kita bersama," ujar Dadang kepada Inilah, Rabu (8/4/2020).

Tidak hanya kepada ASN, Dadang juga menghimbau kepada masyarakat umum untuk melakukan hal serupa. Supaya dapat membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran corona lebih luas. Dia berharap, masyarakat dapat lebih peduli dalam menghadapi situasi pelik saat inu.

"Sebenarnya bukan hanya untuk ASN saja. Tapi larangan mudik ini untuk semua. Ini kebijakan makro yang harus diikuti. Kita harus sama-sama bisa menanamkan kesadaran, dimana ketika kita bicara kesadaran. Ada etika yang harus kita ikuti. Ini harus bisa diterapkan semua pihak supaya kita bisa kontrol dan menangani masalah ini lebih cepat," tutupnya. (Yuliantono)