Satpol PP Gadungan Diamankan di Polsek Baleendah

Satpol PP Gadungan Diamankan di Polsek Baleendah
Seorang pria benisial B warga Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, diamankan petugas Satpol PP.
INILAH, Bandung- Seorang pria benisial B warga Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, diamankan petugas Satpol PP. 
 
Pria yang sehari hari bekerja disebuah pabrik plastik tersebut, diduga melakukan pemerasaan dan penipuan dengan modus sebagai petugas Satpol PP Kabupaten Bandung.
 
Kasatpol PP Kabupaten Bandung, Usman Sayogi mengatakan, saat ini pelaku sudah diserahkan ke Polsek Baleendah untuk dilakukan pemeriksaan kepolisian atas tindakan yang dilakukan pelaku pada Rabu (16/1) petang. Sebelumnya pelaku dibawa terlebih dahulu ke kantor Satpol PP Unit Baleendah.
 
“Pelaku mengaku sebagai anggota Satpol PP. Dia pura-pura sebagai petugas kemudian mendatangi para pedagang di sekitar Tugu Baleendah yang kemudian minta sejumlah uang. Bilannya dia sedang melaksankan penyelidikan tindakan asusila. Tentu saja tindakan pelaku ini sangat merugikan institusi kami,"kata
Usman, Kamis (17/1/19).
 
Dikatakan Usman,  penangkapan pelaku ini berdasarkan laporan masyarakat yang saat itu didatangi pelaku. 
 
Kemudian pihaknya menurunkan personelnya untuk menyelidikinya. Personil Satpol PP Kemudia meringkus pelaku saat terbukti melakukan tindak pidana pemerasan dan penipuan. Kemudian menyerahkannya ke Polsek Baleendah.
 
Usman melanjutkan, saat melakukan aksinya, pelaku menggunakan atribut Satpol PP Kabupaten Bandung. 
 
Kemudian saat dilakukan penggeledahan pihaknya menemukan secarik surat tugas dengan kop surat berlambang Polri dengan dibubuhi cap hasil pemindaian berlambang seperti Satpol PP yang ditandatangani. Surat surat tersebut, sengaja dibuat oleh pelaku untuk mengelabui korbannya.
 
" Pelaku pakai seragam lengkap Satpol PP. Kemudian dia juga bawa surat tugas yang sudah lecek dan robek karena sudah lama dilipat itu diduga sudah lama digunakan untuk mengelabui masyarakat,"ujarnya.
 
Usman melanjutkan, berdasarkan identitasnya, pelaku ini sehari hari bekerja sebagai buruh di salah satu pabrik plastik di kawasan Palasari Kecamatan Dayeuhkolot. 
 
Dalam KTP nya ia tercatat sebagai warga Kampung Munjul Sindangsari Kelurahan Manggahang Kecamatan Baleendah. Kepada pedagang, lanjut Usman, pelaku ini kerap mengaku sebagai anggota Satpol PP Unit Kecamatan Baleendah.
 
“Kami mohon kerja samanya dari semua pihak untuk lebih teliti ketika didatangi oleh petugas kami. Kejadian ini menjadi evaluasi bagi kami untuk lebih meningkatkan pengawasan di lapangan, jangan sampai kejadian serupa terulang dan merusak nama baik kami. Masyarakat juga harus mengetahui jika setiap kegiatan yang kami lakukan pasti dibekali surat tugas resmi,"katanya.
 
Kapolsek Baleendah Priyono saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan kepada pelaku.
 
“Pelakunya masih kami periksa, sedang kami mintai keterangannya mengenai motif  pelaku yang mengaku sebagai Satpol PP itu," ujarnya.