Kapolda Pastikan Tak Ada Pemberlakuan Jam Malam di Jabar

Kapolda Pastikan Tak Ada Pemberlakuan Jam Malam di Jabar
(Dok Inilahkoran)

INILAH, Bandung- Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi memastikan tidak ada pemberlakuan jam malam di seluruh wilayah Jabar.

Pernyataan Kapolda merujuk pada keputusan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang sudah memberikan izin kepada bupati dan wali kota di 27 kabupaten dan kota di Jabar untuk menerapkan jam malam demi mengantisipasi corona.

"Sebenarnya kita nggak ada jam malam. Kan jam malam gak ada. Tidak ada jam malam," katanya di Mapolrestabes Bandung, Rabu (8/4).

Meski demikian, Rudy menambahkan, kepolisian selalu berupaya memberikan imbauan kepada warga agar menaati protokol kesehatan seperti physical atau social distancing. Warga juga diminta menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta tidak beraktivitas di luar rumah dalam situasi pandemi belakangan ini.

"Tapi kita akan melakukan imbauan kepada masyarakat siang hari dan malam hari. Itu saja. Nggak ada jam malam," ucap dia.

Sebelumnya Ridwan Kamil mengaku sudah memberikan arahan kepada kepala daerah di kota dan kabupaten untuk memberlakukan jam malam. Hal itu dilakukan agar warga bersikap disiplin mengantisipasi sebaran corona. Namun, tidak dirincikan waktu dan teknis pelaksanaan jam malam.

"Bahwa kita menyepakati agar merencanakan salah satu PSBB jam malam. Kami mengarahkan kepada kota kabupaten segera melakukan upaya perlakuan jam malam," kata dia melalui keterangannya, Senin (6/4).

Ridwan Kamil bahkan mengaku pemberlakuan jam malam sudah mendapatkan persetujuan dari Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dan akan dikoordinasikan dengan jajaran kepolisian di wilayah hukum Polda Jabar. (Ridwan Abdul Malik)