Ini 7 Langkah Belanja di Pasar Online Bandung

Ini 7 Langkah Belanja di Pasar Online Bandung
Ilustrasi/Net

INILAH, Bandung- Warga Kota Bandung banyak yang bertanya-tanya soal cara berbelanja di pasar via daring (online). Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Bandung, Herry Hermawan pun memberi jawabannya.

Proses alur transaksi, kata dia, bisa dilakukan melalui aplikasi jejaring WhatsApp kepada 23 nomor kontak pasar yang berada di bawah naungan PD Pasar Bermartabat. Dia mengatakan pihak PD Pasar yang mengatur alur transaksi tersebut.

"Posisi PD Pasar Bermartabat sifatnya membantu masyarakat, bagian dari pelayanan publik," kata Herry di Bandung, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya ada tujuh proses transaksi yang bakal ditempuh oleh pembeli hingga barang belanjaan diterima. Langkah-langkah tersebut melibatkan pembeli, pihak PD Pasar, dan pihak penjual.

Langkah yang pertama, yaitu para pembeli menghubungi nomor kontak pasar yang ingin dituju untuk menanyakan ketersediaan bahan pokok dan harga barang yang akan dipesan. 

Kemudian pihak pasar bakal mengirimkan form pemesanan setelah barang yang akan dipesan kondisinya tersedia untuk dibeli oleh pembeli. 

Form pemesanan itu berisikan tentang identitas, alamat, nomor telepon, dan daftar pesanan barang yang akan dibeli oleh pembeli. Lalu pembeli diminta untun mengirimkan form pemesanan yang telah diisi oleh pembeli.

"Harga akan muncul setelah daftar pesanan diisi dan dikirim kembali oleh pembeli kepada pihak pasar," kata dia.

Setelah itu, form pemesanan dikirim oleh pihak pasar kepada pedagang untuk diisi jumlah harga serta nomor rekening pedagang. Kemudian pedagang mengirimkan form tersebut yang telah berisikan harga dan nomor rekening ke pihak pasar. 

Form yang telah lengkap dengan harga itu, oleh pihak pasar kemudian dikirimkan kepada pembeli. Lalu pembeli melakukan transfer biaya kepada rekening yang tertera di form pemesanan tersebut.

"Pembeli kemudian melakukan transfer ke rekening pedagang sesuai dengan total biaya pemesanan," kata Herry.

Pembeli kemudian diminta untuk mengirimkan bukti transfer atas transaksi pemesanan kepada pihak pasar. Lalu pihak pasar mengemas dan mengirimkan pesanan hingga diterima oleh pihak pembeli ke alamat sesuai form pemesanan.

Menurutnya Herry pasar daring tersebut adalah metode alternatif berbelanja di tengah pandemi COVID-19 ini. Selebihnya, menurutnya pihak pasar menyerahkan kembali kepada para pembeli untuk memilih cara berbelanja sesuai kehendak masing-masing.

"Kembali diserahkan ke pembeli. Silakan tetap membeli (secara konvensional) pun tidak apa-apa, asal tetap menjalankan protokol keamanan maksimum sesuai arahan Pemkot Bandung," kata dia. (Ridwan Abdul Malik)