Paguyuban Pengusaha Desa Rahayu Akan Santuni Guru Ngaji dan Honorer

Paguyuban Pengusaha Desa Rahayu Akan Santuni Guru Ngaji dan Honorer
(Dani R Nugraha)

NILAH,Bandung- Para pengusaha muda di Desa Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, akan memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada para guru ngaji, guru honorer dan masyarakat yang harus kehilangan mata pencaharian akibat wabah virus corona (covid-19).

Ketua paguyuban pelaku usaha Desa Rahayu, Apip Khoerudin (35) mengatakan, para pengusaha yang ada di Desa Rahayu merasa terpanggil untuk turun langsung memberikan bantuan pada mamasyarakat di Desa Rahayu yang saat ini tengah menderita akibat kehilangan mata pencaharian terdampak wabah virus corona (covid-19).

Sebagai tanggungjawab moral dan sosial terhadap lingkungan sekitarnya, sekitar 200 an orang pengusaha di Desa Rahayu menghimpun dana untuk memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok pada masyarakat miskin yang terdampak.

"Alhamdulilah saat ini sudah ada 2000 paket bantuan. Akan kami bagikan langsung pada masyarakat kecil yang terdampak, seperi pedagang disekolah, guru honorer, guru ngaji dan masyarakat lainnya. Ini saat nya kami peduli untuk turun langsung berbagi dengan masyarakat sekitar di Desa Rahayu. Bahkan kami juga siap untuk turun langsung mendistribusikan bantuan ini pada masyarakat, jadi diam saja di rumah biar kami yang mendatangi masyarakat," kata Apip, di Desa Rahayu, Rabu (9/4/2020).

Dikatakan Apip, sebanyak 2000 paket bantuan ini, berupa 15 kilogram beras dan 1 dus mie instan. Kata dia, nilai donasi yang berhasil dihimpun sementara yakni kurang lebih Rp 300 juta. Jika telah didistribusikan pada masyarakat, paguyuban pelaku usaha Desa Rahayu ini akan terus menggalang dana untuk membantu masyarakat.

"Ini sebagai tindakan preventif agar masyarakat sedikit terbantu. Karena ini juga bisa menyangkut keamanan lingkungan. Kami ingin gerakan ini berkesinambungan dan terus bergerak untuk membantu masyarakat di Desa Rahayu dan kalau bisa gerakan kami ini bisa membantu juga masyarakat diluar Desa Rahayu," ujarnya. 

Dikatakan Apip, gerakan donasi ini digagas oleh para pelaku usaha muda yang ada di Desa Rahayu. Dan direstui serta didukung oleh para tokoh masyarakat di daerah yang tersohor daerah santri tersebut. Kata dia, di Desa Rahayu ini banyak terdapat pelaku usaha, mulai dari perajin topi, pedagang kain, busana Muslim, printing, bordir dan lain sebagainya. Jika semua bergandengan tangan bahu membahu saling menolong pastinya dapat cepat menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang terjadi.(rd dani r nugraha).