Lagi, Longsor Putuskan Jalur Cikajang-Banjarwangi

Lagi, Longsor Putuskan Jalur Cikajang-Banjarwangi
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Banjir dan longsor kembali melanda wilayah Kecamatan Banjarwangi, Rabu (8/4/2020) sore WIB setelah sehari sebelumnya juga dilanda banjir luapan sungai Cibarengkok.

Menurut Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah Garut Aceng Hobir, tanah longsor terjadi di Kampung Pasir Gedong Desa  Talagajaya Kecamatan Banjarwangi. 

Akibatnya, ruas jalan raya menghubungkan wilayah Kecamatan Cikajang dengan Kecamatan Banjarwangi terputus karena tertimbun longsoran tanah sepanjang 10 meter berketinggian sekitar 1,5 meter.

"Untuk sementara, lalu lintas kendaraan diarahkan ke jalan Desa Talagajaya dan jalan Desa Mulyajaya," kata Aceng.

Peristiwa terjadi diduga akibat derasnya hujan mengguyur wilayah tersebut sore itu. 
Selain longsor di Talagajaya, pada waktu bersamaan, banjir bercampur lumpur juga melanda Desa Wangunjaya dengan menutupi badan jalan di desa tersebut.

"Keterangan dari pihak (Pemerintah) Kecamatan Banjarwangi, alat berat tadi sedang menyisir jalan yang terkena longsor. Mudah-mudahan segera teratasi sehingga arus lalu lintas bisa lancar lagi," kata ujar Aceng.

Alat berat diturunkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut masih berada di jalur Banjarwangi-Singajaya karena sebelumnya membersihkan material longsoran di Kampung Batununggal Desa Ciudian Kecamatan Singajaya yang juga menimbun ruas jalan Banjarwangi-Singajaya. 

Kepala Dinas PUPR Garut Luna Avriantini menyebutkan, akses jalan Banjarwangi menuju Singajaya yang sebelumnya terputus karena tertimbun longsor di Kampung Batununggal Desa Ciudian Singajaya sudah berhasil diatasi, dan kembali bisa dilalui kendaraan. 

Akan tetapi alat berat masih berada di lokasi dan langsung diarahkan ke Kampung Pasirgedong Desa Talagajaya Banjarwangi untuk membersihkan material longsoran tanah menimbun badan jalan yang sama di sana.(zainulmukhtar)