Tiga Konsep Ini Jadi Jurus Anne Menata Sektor Wisata di Purwakarta

Tiga Konsep Ini Jadi Jurus Anne Menata Sektor Wisata di Purwakarta

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, punya jurus jitu untuk menggaet wisatawan datang ke wilayah tersebut. Selama ini, ada tiga konsep yang ditekankan dalam pengembangan sektor wisata ini. Yakni, sisi aksesibilitas, akomodasi dan atraksi.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, selama ini sektor pariwisata menjadi salah satu andalannya untuk mendongkrak perekonomian masyarakatnya. Atas dasar itu, sejauh ini pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan di sektor tersebut. Di tahun ini, pihaknya pun masih menyiapkan beberapa program untuk penataan wisata ini.

“Ini menjadi bagian komitmen kami, bagaimana sektor pariwisata ini bisa berkembang. Tentunya, hal ini akan berdapmak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat kami,” ujar Anne belum lama ini.

Menurut Anne, dari sisi penataan, pengelolaan sektor wisata ini perlu ditambah lagi. Sehingga, kedepan bisa lebih mendongkrak kunjungan wisatawannya. Sejauh ini, ada tiga jurus yang dia terapkan di sektor wisata tersebut.

Anne menjelaskan, dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke wilayahnya terus meningkat. Hal inilah, menurut dia, salah satun yang harus dipertahankan. Caranya, dengan terus melakukan penataan dan terobosan. Yakni, penguatan sisi aksesibilitas, akomodasi dan atraksi.

Untuk aksesibilitas sendiri, dia menjelaskan, di antaranya, yakni dengan melakukan penataan dan penambahan fasilitas di sekitar lokasi wisata. Misalnya, yakni dengan membangun akses jalan yang lebih memadai.

Kemudian untuk akomodasi, lanjut dia, yakni dengan melakukan kerjasama, baik itu dengan pengelola hotel ataupun pengusaha travel. Sehingga, nantinya antara pengelola wisata, penyedia jasa travel dan penginapan bisa saling terhubung atau terintregasi satu sama lain.

Dari sisi atraksi juga tak kalah penting. Dalam hal ini, pemerintah harus melibatkan semua pihak. Salah satunya seniman dan budayawan. Jadi, dalam peningkatan pariwisata ini kesenian khas daerah harus juga ditonjolkan.

“Jadi, pertunjukan kesenian itu juga perlu. Untuk manambah daya tarik kunjungan. Dengan begitu, tiga hal ini harus bersinergi. Sehingga, pelayanan kepariwisataan bisa lebih maksimal,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menambahkan, potensi pariwisata di wilayahnya cukup melimpah. Adapun wisata yang terdapat di wilayahnya, antara lain wisata alam, religi dan kuliner.

“Setiap tahunnya, selalu ada penambahan destinasi wisata. Hingga akhir 2019 kemarin, tercatat sudah ada 62 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada,” ujar Irfan.

Menurut dia, dengan banyaknya tepat wisata dipastikan jumlah kunjungan wisatawan pun akan lebih meningkat lagi. Untuk tahun ini, pemkab enargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayahnya bisa mencapai tiga juta pengunjung.

Sebenarnya, target kunjungan wisatawan ini tidak muluk-muluk. Karena, berkaca pada 2019 lalu, dimana di tahun sebelumnya itu jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini bisa mencapai 2,8 juta pengunjung. (Asep Mulyana)