Lawan Pandemi Covid-19, PT DI Serahkan 200 APD ke Rumah Sakit Rujukan

Lawan Pandemi Covid-19, PT DI Serahkan 200 APD ke Rumah Sakit Rujukan
istimewa

INILAH, Bandung - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Direktur Umum dan SDM selaku Ketua Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 PT DI Sukatwikanto merinci, kepada RS Hasan Sadikin pihaknya memberikan sebanyak 50 unit gown coverall (baju pelindung diri) dan 50 unit face shield visor (pelindung wajah).

Untuk RS Paru Rotinsulu Bandung, pihaknya memberikan bantuan sebanyak 25 unit gown coverall dan 25 unit face shield visor. Sedangkan, untuk RSUD Cibabat pihaknya memberikan sebanyak 25 unit gown coverall dan 25 unit face shield visor.

Penyerahan bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing rumah sakit di Gedung PKSN Kawasan Produksi II PT DI, Jalan Pajajaran No 154 Bandung, Kamis (9/4/2020).

Sebelumnya, pada Rabu (8/4/2020) PT DI juga menyerahkan sebanyak 50 unit gown coverall dan 50 unit face shield visor kepada RS Pelni. Penyerahan APD ini merupakan dukungan PT DI bagi tenaga kesehatan yang berperan sebagai garda terdepan melawan dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami menyadari bahwa mengatasi pandemi global Covid-19, kita semua perlu gotong royong membantu tenaga kesehatan sebagai garda terdepan melawan penyebaran Covid-19. Semoga kita semua diberi kesehatan untuk bisa melewati pandemi ini,” ujar Sukatwikanto.

Selain bantuan APD, dia menyebutkan PT DI pun membagikan sebanyak 2.000 lembar masker dan hand sanitizer serta melakukan sosialisasi untuk menjaga jarak fisik atau physical distancing kepada masyarakat sekitar perusahaan. Peran aktif PT DI diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta menjaga jarak fisik lebih dari 1 meter agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

PT DI pun telah melakukan langkah-langkah antisipatif mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan. Antara lain menerbitkan surat edaran, membatasi perjalanan dinas baik dalam negeri maupun luar negeri, membuat protokol penerimaan tamu khususnya tamu yang datang dari negara yang terjangkit Covid-19, serta menerapkan sistem kerja work from home (WFH).

Satgas Pencegahan Covid-19 PT DI dibentuk dari seluruh unsur manajemen untuk menyediakan Pos Komando (Posko) yang memberikan pelayanan, menerima pengaduan serta memberikan informasi dan panduan bagi karyawan, mitra kerja, customer dan tamu perusahaan terkait pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan.

Tak hanya itu, PT DI juga membagikan masker, hand sanitizer, dan multivitamin kepada seluruh karyawannya, serta membuat tempat cuci tangan portable di lingkungan perusahaan. Seluruh upaya yang dilakukan bertujuan agar seluruh karyawan PT DI tetap waspada namun tidak panik untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan. (*)