Bogor Timur Siap Tebar 10 Ribu Masker Kain untuk Masyarakat

Bogor Timur Siap Tebar 10 Ribu Masker Kain untuk Masyarakat
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Kecamatan Bogor Timur segera membagikan masker berbahan kain dengan jumlah total diperkirakan 10 ribu masker kain. Masker tersebut dihasilkan dari 80 kilogram kain yang disebarkan kepada enam kelurahan se-Kecamatan Bogor Timur.

"Kami melakukan antisipasi ataupun pencegahan terhadap pendemi Covid-19. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu mengerahkan seluruh kelurahan untuk membuat masker berbahan kain. Targetnya bisa dibuat 10.000 masker kain yang segera akan dibagikan secara gratis kepada warga," ungkap Camat Bogor Timur Abdul Wahid, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, secara serentak semua kelurahan membuat masker setelah mendapat bahannya. Untuk kain yang disebarkan, sebagian merupakan kain sumbangan dari pihak perusahaan, seperti pabrik Unitex menyumbang 150 m2, PD Hasan 50 m2, dan Kuntum Nurseri memberi sumbangan 50 m2.

"Kami mengerjakan pembuatan yang 10.000 dulu agar bisa segera dibagikan ke warga. Nanti ketika bahan kain sudah datang lagi, kami membuat kembali maskernya," kata Wahid.

Dia mengaku, pemberian masker kepada warga salah satu antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, diharapkan seluruh warga di wilayah Bogor Timur melakukan imbauan pemerintah, jaga jarak, menerapkan pola hidupp sehat dan bersih (PHBS), dan selalu menggunakan masker.

"Kami juga sudah memberdayakan RW Siaga Corona di wilayah, untuk terus melakukan sosialisasi menggunakan mobil dan memasang speaker atau pengeras suara untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tidak berkerumun," tuturnya.

Dia menambahkan, para ketua RW di wilayahnya juga diimbau menerapkan kebijakan jam malam. Selain itu, mereka diharapkan bisa menutup akses-akses jalan yang kurang penting untuk membatasi keluar masuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Semuanya sudah bergerak dan semua itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Rizki Mauludi)