Lab IPB Bisa Lakukan Uji Spesimen Swab Covid-19

Lab IPB Bisa Lakukan Uji Spesimen Swab Covid-19
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pemkot Bogor memastikan, fasilitas laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) bisa digunkan untuk menguji spesimen Covid-19. Untuk itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan pihaknya mengeluarkan Keputusan Wali Kota Bogor Nomor 440.45-254 tahun 2020.

"Diharapkan dengan adanya lab uji IPB dapat mempercepat proses pengolahan sampel spesimen swab tes di Kota Bogor. Penetapan laboratorium uji IPB ini juga berdasarkan surat keputusan Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan kemarin," kata Dedie, Kamis (9/4/2020).

Dia menjelaskan, usulan pengadaan lab itu dikarenakan status Kota Bogor yang sudah menetapkan keadaan tanggap darurat Covid-19. Hal itu diperlukan langkah strategis dalam melakukan diagnosa spesimen oleh sebuah laboratorium agar pengujian dilakukan dengan cepat .

"Pemkot akan melakukan uji spesimen swab di labotarium IPB mulai besok Jumat (10/4/2020). Sebelum-sebelumnya, kita harus mengirim sampel spesimen ke Jakarta atau Bandung," tambahnya.

Berdasarkan kapasitas, Dedie menyebutkan laboratorium IPB bisa memeriksa 15-20 spesimen setiap hari, dengan masa tunggu setiap spesimen 2x24 jam atau dua hari. (Rizki Mauludi)