Selain Vaksin, Simak 7 Cara Mudah Cegah Meningitis

Selain Vaksin, Simak 7 Cara Mudah Cegah Meningitis
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Vaksin meningitis menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyakit tersebut. Terlebih ketika seseorang hendak berpergian ke luar negeri.

Di Amerika dan daerah endemic atau daerah yang banyak terjadi infeksimeningitis, The Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan vaksinasimeningitispada mereka yang berusia 11 18 tahun untuk pencegahan dini.

Sementara di Indonesia, dianggap tidak diperlukan karena bukan daerah endemik.

"Kecuali Anda ingin bepergian ke negara-negara yang termasuk daerah endemik atau yang disebut meningitisbelt, seperti Afrika," ujar Frandy.

Contohnya, dari Senegal sampai dengan Ethiopia, Amerika Latin seperti Argentina, Brazil, Peru, Uruguay, Kuba. Di Asia seperti India, Nepal dan Mongolia. Atau, negara - negara yang banyak dikunjungi negara lain seperti Arab Saudi," papar dr. Frandy Susatia, SpS.,spesialis saraf dariSiloam Hospitals, Kebon Jeruk, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (09/04/2020).

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit meningitis, selain dengan vaksin?

Berikut adalah tujuh cara yang bisa Anda simak, mudahnya mencegah penyakit yang diderita penyanyi solo pria Indonesia, Glenn Fredly itu.

1. Minum air bersih dan makan makanan yang diolah dengan baik.

2. Cuci tangan dengan baik, terutama saat merawat atau berada dengan orang yang terkena infeksi.

3. Tutupi mulut saat batuk dengan tisu, saputangan, atau tangan. Jika menggunakan tisu, buang tisu ke tempat sampah. Kemudian, jika menggunakan tangan, segera cuci tangan.

4. Jangan buang ludah sembarangan.

5. Bersihkan lingkungan sekitar dengan sabun dan air ataupun dengan chlorine untuk membunuh kuman-kuman infeksius.

6. Lakukan vaksinasi berkala. Misalnya, vaksinHaemophilus influenzaeType b,Pneumococcal vaccine, danMeningococcal vaccine.

7. Gaya hidup yang tidak sehat dapat berpengaruh pada penyakit ini.

"Maka, hindari pemakaian barang-barang secara bersama seperti pisau cukur, handuk, dan sikat gigi," tambah Frandy.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, penyanyi solo pria Indonesia, Glenn Fredly meninggal dunia karena Menderita penyakit meningitis.

Pria yang dikenal dengan lagu - lagu romantis itu, meninggal pada Rabu, (08/04/2020), setelah menjalani perawatan di rumah sakit Setia Mitra, Jakarta Selatan. (Inilahcom)