Garut Dapat Tambahan Seribu Alat Rapid Test

Garut Dapat Tambahan Seribu Alat Rapid Test
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat. (Zainulmukhtar)

INILAH, Garut- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut segera melaksanakan tes cepat (rapid test) tahap kedua terhadap masyarakat terutama kalangan orang dalam pemantauan (OPD) Covid-19, setelah sebelumnya dilakukan tes cepat terhadap sebanyak 737 orang dari 1.240 ODP.

Tes cepat tahap kedua siap dilakukan menyusul diterimanya bantuan alat tes cepat Covid-19 sebanyak seribu buah oleh Pemkab Garut melalui APBD Garut baru-baru ini.

"Untuk Rapid Test berikutnya, kita akan prioritaskan status ODP," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat, Kamis (9/4/2020).
Hasil tes cepat tahap pertama terhadap 737 ODP sendiri menunjukkan hasil negatif.

Akan tetapi, sebanyak empat orang di antaranya mendapat pemantauan ketat karena menunjukkan reaktif Covid-19. Sehingga terhadap keempat ODP tersebut dilakukan tes swab Covid-19, pengambilan sampel lendir di saluran pernapasan untuk menguji ada tidaknya virus corona pemicu infeksi pernapasan pneumonia akut.

Keempat ODP tersebut yakni seorang laki-laki dari Kecamatan Selaawi, seorang perempuan dari Kecamatan Tarogong Kaler, seorang perempuan dari Kecamatan Cibalong, dan seorang laki-laki dari Kecamatan Cikajang.

"Jadi, temuan kasus positif Covid-19 di Garut sampai saat ini masih dua kasus. Sedangkan untuk empat OPD yang dites swab-nya itu, kita masih menunggu hasilnya dari labkes (laboratorium kesehatan), apakah positif Covid-19 atau tidak. Keempat orang ini juga masih ODP karena tak menunjukkan gejala lain, dan sudah lewat 14 hari," ujar Ricky.

Dia menuturkan, berdasarkan data tercatat di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut di Command Center Garut, hingga Kamis (9/4/2020) pukul 17.00 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 ada dua, yakni seorang laki-laki dari Kecamatan Wanaraja, dan seorang perempuan dari Kecamatan Garut Kota. Kondisi kesehatan keduanya terus membaik namun masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutannya.

Secara keseluruhan, kasus Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 2.106 kasus, terdiri atas sebanyak 2 kasus positif, 31 kasus PDP (15 PDP dalam perawatan, dan 16 PDP selesai pengawasan), 1.896 kasus ODP (878 ODP masih pemantauan, 15 ODP dalam perawatan, 1.002 ODP selesai pemantauan), dan 177 kasus OTG (masih dalam proses observasi). (zainulmukhtar)