Persib Siap Jalani Turnamen Jika Liga 1 2020 Dihentikan

Persib Siap Jalani Turnamen Jika Liga 1 2020 Dihentikan
istimewa

INILAH, Bandung - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar sepakat dengan keputusan PSSI untuk menggelar turnamen apabila Liga 1 2020 dihentikan.

Sebab menurutnya, sepak bola adalah hiburan bagi seluruh masyarakat. Bahkan dia yakin, banyak pihak yang setuju turnamen itu diselenggarakan. 

"Bagaimanapun juga kalau kondisi virus corona belum selesai masih banyak cara, masih banyak jalan kalau untuk olahraga. Olahraga khususnya sepak bola, pasti akan lebih diperhatikan dan berjalan. Tidak mungkin harus berhenti," ujar Umuh saat dihubungi. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan akan membuat agenda berupa turnamen jika Liga 1 2020 tidak dapat diteruskan. Keputusan itu dikeluarkan saat rapat virtual bersama Komisi X DPR RI, Rabu (8/4/2020) lalu. 

Pria yang kerap disapa Iwan Bule itu mengatakan masih ada waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan kompetisi pada akhir 2020. Namun, jika pemerintah memperpanjang darurat Covid-19, maka dengan terpaksa PSSI akan membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

"Apabila Covid-19 berhenti sampai 29 Mei 2020, maka liga akan bergulir lagi mulai 1 Juli 2020. Ada waktu enam bulan untuk menyelesaikan kompetisi. Tapi, kalau pemerintah belum mencabut status darurat Covid-19 (hingga akhir Mei) maka kami tidak bisa melanjutkan," tegas Iwan Bule.

Karena itu, Iwan menyiapkan agenda lain jika kompetisi benar-benar dihentikan. Kemungkinan besar PSSI akan menggelar turnamen untuk mengisi kekosongan sampai dengan kompetisi berikutnya digulirkan.

"Ada opsi kalau September (wabah virus corona) selesai akan izin pemerintah untuk adakan kompetisi khusus, seperti Liga Indonesia dan lain-lain. Itu pun akan dilakukan untuk mengisi kekosongan yang ada hingga akhir tahun," tutup Iwan.(Muhammad Ginanjar)