DKI Jakarta PSBB, Kedatangan Penumpang di Terminal Leuwipanjang Menurun

DKI Jakarta PSBB, Kedatangan Penumpang di Terminal Leuwipanjang Menurun
istimewa

INILAH, Bandung-Pasca diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak hari ini Jumat (10/4/2020), hingga 14 hari ke depan di Jakarta, berimbas pada penurunan penumpang di Terminal Leuwipanjang Bandung. Khusunya penumpang yang berasal dari Ibu Kota ke Kota Bandung.

Staff TU Terminal Leuwipanjang Rochmat mengatakan, selama dua hari menjelang penetapan PSBB di Jakarta, jumlah penumpang ke Kota Bandung dari DKI Jakarta pun mengalami penurunan.

"Yang datangnya yang hari Rabu tanggal 8 ada 124 pas tanggal 9 hari Kamis penumpang datangnya 66. Ada penurunan kalau yang datang," ucap Rochmat saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/4/2020).

Berbanding terbalik dengan angka kedatangan, Rochmat mengungkapkan, angka keberangkatan penumpang menuju Jakarta pada Rabu (8/4/2020) dan Kamis (9/4/2020) justru meningkat sekitar 30 penumpang.

"Hari Rabu penumpang 148. Hari Kamis penumpang 178. Yang berangkat justru naik ke empat terminal di antaranya Kalideres, Tanjung Priok, Lebak Bulus, dan Kampung Rambutan," ungkap Rochmat.

Saat disinggung terkait protokol kesehatan di Terminal Leuwipanjang. Rochmat menambahkan, petugas telah menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran dari Kemenkes di terminal untuk mencegah penyebaran corona seperti dengan melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap penumpang yang datang maupun berangkat.

"Di pintu masuk bus pemeriksaan suhunya. Penumpang datang diperiksa. Imbauan kepada penumpang jaga kebersihan, terus jaga jarak," pungkasnya.

Perlu diketahui, Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pasca mendapatkan izin dari Menkes Terawan Agus Putranto pada 7 April lalu. (Ridwan Abdul Malik)