Kabar Baik dari Garut, 1.147 ODP Dinyatakan Negatif Covid-19

Kabar Baik dari Garut, 1.147 ODP Dinyatakan Negatif Covid-19
Ilustrasi/Zainulmukhtar

NILAH, Garut- Hingga Jum'at (10/4/2020) pukul 18.00 WIB, sebanyak 1.147 orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Garut dinyatakan selesai masa pemantauannya, atau negatif Covid-19.

Dengan begitu, dari sebanyak 1.929 kasus ODP di Kabupaten Garut tercatat di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, masih terdapat sebanyak 782 kasus ODP.

Sebanyak 769 ODP di antaranya masih dalam pemantauan, dan sebanyak 13 ODP dalam perawatan.

ODP sendiri didefinisikan sebagai orang dalam pemantauan yang biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif Covid-19. Orang berstatus ODP biasanya tak perlu dirawat inap di rumah sakit, tetapi diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari hingga kondisinya membaik.

"Alhamdulillah ! Yang dalam pemantauan (ODP) dari kemarin juga sudah berkurang. Mudah-mudahan terus berkurang," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat.

Tak ada penambahan kasus baru pasien dalam pengawasan (PDP). Jumlah PDP di Garut masih sama dengan sehari sebelumnya mencapai sebanyak 31 kasus PDP, terdiri atas 16 PDP selesai pengawasannya, dan 15 PDP masih dalam perawatan.

Begitu pula dengan jumlah orang tanpa gejala (OTG) jumlahnya tetap sebanyak 177 OTG masih dalam proses pemantauan, dan positif Covid-19 tetap dua kasus dengan kondisi kesehatan masing-masingnya menunjukkan gejala membaik.

Ricky pun kembali mengingatkan warga masyarakat agar mematuhi imbauan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, berdiam diri di rumah jika tak ada kepentingan mendesak, menjaga jarak (social/physical distancing) dalam beraktivitas. Hal itu penting dilakukan supaya dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.(zainulmukhtar)