Di Kabupaten Cirebon 5 PDP dan 2 ODP Meninggal Dunia

Di Kabupaten Cirebon 5 PDP dan 2 ODP Meninggal Dunia
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon merilis berita mengejutkan. Tercatat ada 7 warga meninggal dunia. Sebanyak 5 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 2 orang lainnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

"Memang benar, ada 7 orang yang meninggal dunia dalam status PDP dan ODP. Tapi Rapid Dignostic Test (RDT) semuanya negatif. Hasil swabnya belum keluar jadi kami belum bisa menjelaskan apakah positif atau negatif corona," kata Jubir Gugus Tugas Covid-19, Nanang Ruhyana ketika dihubungi lewat telepon selulernya, Minggu (12/4/2020).

Nanang menjelaskan, ke 7 orang yang meninggal tersebut, yaitu tanggal 11 dan tanggal 12 April ini. Jenazah mereka sudah dimakamkan dengan protokol covid-19. Sementara saat ini total pasien yang positif berjumlah 3 orang. Dan ada 8 yang berstatus PDP, serta 21 orang dinyatakan sehat.

"Jumlah PDP semuanya 34 orang dan 5 orangnya meninggal dunia. Kami masih merawat 8 orang, dan 21 orang sudah bisa pulang serta dinyatakan sembuh," ungkap Nanang.

Sedangkan pasien ODP saat ini berjumlah 145 orang. Mereka adalah 108 orang dinyatakan selesai pemantauan, 35 orang masih perawatan dan 2 orang meninggal dunia. Sedangkan jumlah Orang Dalan Resiko (ODR) kembali mengalami kenaikan. Dari jumlah 23.306 hari Sabtu kemarin, hari ini naik menjadi 26. 182 orang. Nanang mencatat, baik PDP, ODP, ODR maupun Orang Tanpa Gejala(OTG masih merupan virus impor dari wilayah zona merah covid-19.

"Semua pasien yang tertular adalah impor dari wilayah yang masuk zona merah. Tapi situsi masih kondusif. Justru yang dikhawatirkan ketika penularan secara lokal. Artinya, penularan per orang tanpa ada riwayat perjalanan dari wilayah zona merah. Tapi mudah-mudahan ini tidak terjadi," tukas Nanang. (maman suharman)