Pemkab Purwakarta Sediakan Tempat Cuci Tangan di Sejumlah Pasar Tradisional

Pemkab Purwakarta Sediakan Tempat Cuci Tangan di Sejumlah Pasar Tradisional
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta turut membantu menyiapkan fasilitas cuci tangan berikut sabun antiseptiknya untuk masyarakat yang berbelanja ke sejumlah pasar tradisional di wilayah itu. Fasilitas tersebut sengaja disiapkan sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang tengah mewabah.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, pasar selama ini menjadi simpul kerumunan masyarakat. Atas dasar itu, di masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya harus menyiapkan upaya pencegahan. Supaya penyebaran virus corona bisa diantisipasi.

"Penyebaran virus, termasuk corona bisa dicegah. Salah satunya, dengan membiasakan atau meningkatkan kesadaran mengenai pola hidup bersih dan sehat. Misalnya, dengan menyeringkan cuci tangan di air mengalir dengan sabun antiseptik sebelum dan sesudah beraktifitas," ujar Anne, Senin (13/4/2020).

Berdasarkan hal itu, dia menyebutkan pihaknya menyiapkan tempat cuci tangan di sejumlah pasar tradisional termasuk fasilitas publik lain yang selama ini jadi simpul terjadinya kerumunan warga. Upaya ini, diharapkan bisa membantu memutus penyebaran virus di tengah masyarakat.

"Semua pasar tradisional kita lengkapi fasilitas cuci tangan. Kita siapkan anggarannya melalui dinas terkait," jelas dia.

Salah satu pasar tradisional yang telah dilengkapi fasilitas cuci tangan ini di antaranya Pasar Citeko, Kecamatan Plered. Saat ini, setiap pintu masuk dan keluar di pasar tersebut telah tersedia temlat cuci tangan berikut sabun antiseptiknya. Bahkan, di lokasi itu juga terdapat imbauan yang berisi perhatian supaya masyarakat yang datang ke pasar itu wajib cuci tangan.

Kepala UPTD Pasar Citeko Dewi Setiarini menuturkan, keberadaan fasilitas itu merupakan bagian dari sterilisasi area pasar sekaligus upaya antisipasi. Termasuk, kampanye supaya para pedagang pun bisa lebih meningkatkan kebersihan di lingkungan pasar.

"Selain sudah ada tempat cuci tangan, kami pun mengintensifkan penyemprotan di seluruh areal pasar. Supaya, tercipta rasa aman bagi pedagang yang ada di pasar maupun pengunjung," jelas dia. (Asep Mulyana)