Banyak ASN 'Bandel' di Tengah Pandemi Covid-19, Oded Siapkan Sanksi Tegas

Banyak ASN 'Bandel' di Tengah Pandemi Covid-19, Oded Siapkan Sanksi Tegas
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Humas Pemkot Bandung)

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga tak menganggap sepele wabah virus corona yang tengah melanda seluruh negeri ini. Pasalnya, masih saja ada yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah.

Menurut dia, semua warga, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kota Bandung harus memberikan contoh yang baik kepada warga masyarakat.

"Covid ini bukan urusan kecil. Oleh karena itu semua pihak terutama ASN harus memberikan contoh dengan mengikuti arahan pimpinan," kata Oded di Pendopo pada Senin (13/4/2020).

Dia pun mengaku tak segan memberi sanksi jika ASN berani melanggar arahan pimpinan. Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengeluarkan Surat Edaran yang melarang ASN untuk mudik dan cuti lebaran.

"Kalau nggak ada alasan logis perlu juga dikasih sanksi. Covid-19 ini urusan besar, jangan dianggap sepele, masa iya ASN masih saja nakal. Mang oded ke Masyaraat mengimbau terus, masa ASN yang ada di belakang Mang Oded nggak bener. Harusnya ASN memberi contoh mengikuti arahan dari pemerintah," ucapnya. 

Tegas dia, jika warga masih saja banyak yang keluar rumah untuk melakukan kegiatan berkumpul, dan bepergian ke luar kota, pemerintah bisa jadi menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bandung. Sejauh ini, wacana PSBB masih menunggu kajian.

"Apa pun alasannya, siap-siap saja kalau memang begitu PSBB bisa jadi diberlakukan," ujar dia. (yogo triastopo)