Kajari Bale Bandung Serahkan Bantuan APD untuk Paramedis KBB

Kajari Bale Bandung Serahkan Bantuan APD untuk Paramedis KBB
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menerima bantuan dari Kajari Bale Bandung, Paryono berupa APD dan makanan untuk paramedis di KBB (INILAH/Agus SN)

INILAH, Ngamprah - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dan sejumlah makanan dari Kejaksaan Negeri Bale Bandung, Selasa (14/4/2020)

Selanjutnya, bantuan yang langsung diberikan Kepala Kajari Bale Bandung Paryono ini khusus diberikan untuk tenaga medis di RSUD Kabupaten Bandung Barat.

Paryono mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Cabang Kabupaten Bandung yang ingin berbagai sedikit bantuan kepada paramedis di KBB.

"Tidak banyak yang diberikan, ini sebagai bentuk kepedulian kami menghadapi kondisi ini," katanya kepada wartawan usai penyerahan bantuan.

Paryono mengaku, bantuan yang diberikan berupa APD dan makanan ini bertujuan untuk menambah semangat kerja tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani pasien yang terpapar virus corona (Covid-19).

"Selain di sini kami juga menyerahkan sembako di sekitar Baleendah Kabupaten Bandung, sebanyak 150 paket dibagikan untuk membantu masyarakat rentan dan berpenghasilan harian. Sumbangan itu dikumpulkan dari para pegawai dan para jaksa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Paryono mengingatkan terkait penggunaan dana APBN ataupun APBD untuk penanganan Covid-19. Jika kedapatan ada pihak yang mencari keuntungan. Maka, kejari akan menuntut dengan hukuman berat, apalagi, kata dia, dana ini untuk penanganan di masa sulit.

"Saya ingatkan jangan ada yang bermain anggaran. Refocusing ini rentan terjadi markup anggaran tinggi, kan tidak harus perlu menunggu harga perkiraan sendiri (HPS) untuk penganggaran. Nah ini jangan jadi dimanfaatkan, mentang-mentang boleh main dilonjakan anggarannya. Kami pastikan akan dijerat pasal tindak pidana korupsi," tegasnya.

Sementara itu, Aa Umbara Sutisna mengaku, berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kejari Bale Bandung. "Bukan karena nilainya, melainkan ini contoh yang terbaik untuk diadopsi para donatur lain," ungkapnya.

Umbara menjelaskan, bantuan ini akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke RSUD yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Paramedis, sebagai garda terdepan, sangat memerlukan bantuan APD dan makanan.

"Semoga mereka bisa lebih bersemangat lagi dan wabah Covid-19 di KBB bisa segera selesai," jelasnya.

Umbara menambahkan, pihaknya bersama tenaga medis dan masyarakat akan terus bekerja untuk memerangi Covid-19 di wilayah KBB. "Kami berharap rasa gotong royong bisa terbentuk untuk menangani Covid-19 di KBB," pungkasnya. (agus sn).