Ratu Tisha Mundur, Ini Reaksi Komisaris PT PBB Umuh Muchtar

Ratu Tisha Mundur, Ini Reaksi Komisaris PT PBB Umuh Muchtar
Komisaris PT PBB Umuh Muchtar. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Sumedang - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar memberikan apresiasi terhadap keputusan Ratu Tisha Destria yang mengundurkan diri sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. 

Pengunduran diri itu terjadi tepat pada Senin (13/4/2020). Keputusan itu diumumkan melalui akun instagram pribadinya dengan mengunggah video berisi voice over berdurasi 1 menit 45 detik.

"Mungkin dia (Tisha) lebih nyaman tidak jadi Sekjen di PSSI. Jadi mengambil keputusan yang tepat, bagus dan tidak masalah," kata Umuh di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Selasa (14/4/2020). 

Meski demikian, Umuh mengaku tidak mengetahui alasan jelas soal pengunduran diri Ratu Tisha sebagai Sekjen PSSI. Terbukti, proses pengunduran diri dilakukan melalui akun instagram pribadinya.

"Saya tidak tahu alasannya. Mungkin jenuh atau mungkin merasa ada kesalahan, mungkin juga. Saya tidak tahu," tuturnya. 

Umuh hanya berharap PSSI bisa semakin lebih baik lagi kedepannya sekalipun induk organisasi sepak bola Indonesia ini berjalan tanpa Ratu Tisha. 

"Mudah-mudahan kedepan akan lebih baik dan tidak akan selalu bermasalah di PSSI. Masih banyak yang bisa menggantikan dan masih banyak orang yang lebih dari Tisha. Insya Allah akan lebih baik nanti," tegasnya.

Terkait mengenai sosok yang pantas menggantikan jabatan Ratu Tisha, pria yang akrab disapa Pak Haji ini memilih untuk bungkam. Menurutnya keputusan diserahkan sepenuhnya kepada PSSI. 

"Biar kawan-kawan PSSI saja," pungkasnya.

Selama menjadi Sekjen PSSI sejak 2017 silam, Ratu Tisha sudah melakukan banyak terobosan dan berkontribusi untuk dunia sepak bola nasional. 

Beberapa di antaranya menggencarkan program pembinaan, membangun kerja sama dengan federasi kelas dunia, mengibarkan sepak bola putri, dan puncaknya terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.(Muhammad Ginanjar)