Selama Tanggap Corona, Pembuatan Kartu Kuning di Purwakarta via WhatsApp

Selama Tanggap Corona, Pembuatan Kartu Kuning di Purwakarta via WhatsApp
Ilustrasi/Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, memberlakukan layanan pembuatan kartu AK-1 atau yang lebih dikenal sebagai kartu kuning secara daring selama masa tanggap covid-19.

“Mulai Senin (13/4/2020) kemarin, kita hentikan dulu layanan pembuatan kartu kuning di kantor. Hal itu, merujuk pada surat edaran Plt Dirjen Binapenta Kemenaker,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta, Titov Firman, Selasa (14/4/2020).

Dengan kata lain, terang Titov, layanan pembuatan kartu kuning secara langsung yang biasanya dilakukan di kantor ini dihentikan dulu untuk sementara waktu. Menurut dia, aturan ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Akan tetapi, lanjut Titov, warga tak perlu panik atau khawatir. Sebab, pelayanan pembuatan kartu kuning masih bisa dilakukan secara daring (online). Yakni, dengan menggunakan aplikasi pesan singkat whatsapp (WA).

Adapun pembuatan kartu kuning melalui aplikasi WA ini, syaratnya yaitu usia minimal 18 tahun. Melampirkan foto ijazah terakhir atau kartu kuning lama, bagi pemohon perpanjangan. Kemudian, melampirkan foto e-KTP, dan pas foto ukuran 3x4, maksimal ukuran 2 MB.

“Pemohon, bisa mengirimkan persyaratan ke no WA kami. Setiap hari, nomor WA-nya berbeda, sesuai admin yang piket pada hari itu,” jelas dia.

Dia menambahkan, untuk kebijakan ini telah disosialisasikan. Termasuk, sosialisasi melalui media sosial. Diharapkan, masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya. Adapun pelayanan pembuatan kartu kuning daring ini, dari mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

“Selain itu, kami juga menyiapkan admin untuk melayani informasi mengenai lowongan pekerjaan,” pungkasnya. (Asep Mulyana)