Duh, Kasus Positif Covid-19 di Garut Bertambah Jadi Tiga Orang

Duh, Kasus Positif Covid-19 di Garut Bertambah Jadi Tiga Orang
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat. (Zainulmukhtar)

INILAH, Garut- Kendati kasus orang dalam pemantauan (OPD) Covid-19 di Kabupaten Garut terus menunjukkan kecenderungan menurun, warga justru dikejutkan dengan temuan satu kasus baru positif Covid-19. Sehingga kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut kini bertambah menjadi sebanyak tiga orang.

Hal itu menyusul hasil uji swab (sampel lendir) dilakukan Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jawa Barat terhadap empat orang reaktif Covid-19 pada tes cepat Covid-19 sebelumnya menunjukkan salah satunya ternyata positif terjangkit Covid-19.

Yang bersangkutan laki-laki berusia 54 tahun asal Kecamatan Selaawi utara Kabupaten Garut, dan kini dalam perawatan di ruang isolasi RSU dr Slamet Garut.

Sedangkan tiga orang reaktif Covid-19 hingga kini belum diketahui hasil uji swabnya. Ketiganya yakni seorang perempuan dari Kecamatan Tarogong Kaler, seorang perempuan dari Kecamatan Cibalong, dan seorang laki-laki dari Kecamatan Cikajang.

"Hari ini, diketahui hasil tindak lanjut lab dengan teknik PCR, yang bersangkutan warga Kecamatan Selaawi positif terjangkit," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat, Selasa (14/4/2020).

Menurut Ricky, dengan begitu, jumlah temuan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut bertambah menjadi sebanyak tiga kasus. Dua pasien positif Covid-19 lainnya, salah satunya laki-laki asal Kecamatan Wanaraja masih dirawat di RSU dr Slamet Garut, dan satunya lagi perempuan asal Kecamatan Garut Kota menjalani isolasi mandiri di rumah.

Berkaitan adanya temuan kasus baru positif Covid-19 warga asal Kecamatan Selaawi itu, pada Rabu (14/4/2020), di Alun-alun Kecamatan Balubur Limbangan diagendakan gelaran Apel Siaga Gabungan sejumlah kecamatan di wilayah utara Garut.

Semua tim gugus tugas kecamatan di utara Kabupaten Garut akan mengikuti apel tersebut dengan dilanjutkan penyemprotan desinfektan massal oleh petugas serta pembagian masker.

"Ini kebijakan Pemda Garut setelah adanya temuan pasien positif Covid-19 untuk melaksanakan Apel Siaga untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh jajaran sampai tingkat kecamatan dan desa," kata Camat Selaawi Ridwan Efendi.(zainulmukhtar)