Tak Mau Beda-beda, Emil Pakai Ojol-Opang Antarkan Bansos

Tak Mau Beda-beda, Emil Pakai Ojol-Opang Antarkan Bansos

INILAH, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan inspeksi pada lima daerah yang menerapkan hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Rabu (15/4/2020). Bersamaan dengan itu, juga sekaligus menyalurkan bantuan sosial. 

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pihaknya menggandeng ojek online dan ojek pangkalan untuk membantu penyaluran bansos pada 408.934 keluarga rumah tangga sasaran (RTKS) di kawasan Bogor, Depok dan Bekasi.

“Ojek dan opang mulai diberdayakan untuk membagikan bantuan kepada rakyat Jawa Barat di zona PSBB,” katanya dalam keterangan resmi.

Menurutnya sejak pagi pihaknya melakukan inspeksi di 5 wilayah PSBB Bodebek. Dan sesuai jadwal, dimulainya PSBB berbarengan dengan pengiriman bantuan dari Pemprov Jawa Barat bagi mereka yang terdampak covid di golongan ekonomi paling bawah.

“Jika masih ada yang belum terdata bisa segera menyampaikan aduan ke RT/RW setempat atau ajukan pengaduan lewat fitur “ADUAN” di apps Pikobar. Termasuk para perantau yang tidak mudik,” katanya.

Proses bantuan akan berlangsung 15 hari setiap bulannya, dengan proses yang memakam waktu pihaknua meminta warga bersabar karena kemungkinan, ada yang kebagian awal bulan atau tengah bulan.

“Sembako dibeli dari pedagang pasar dan Bulog. Dikirim oleh petugas PT POS dan ojol dan opanh agar ekonomi pasar dan ekonomi transportasi lokal masih bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Pihaknya berharap upaya pemerintah dalam menerapkan PSBB dan menyalurkan bantuan sosial pada kelurga terdampak diikuti dengan kedisiplinan warga melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. “Mari taati aturan PSBB agar akhir Juni kita bisa hidup mendekati normal lagi. Jika tidak, kesusahan kita ini akan terus berkepanjangan,” ujarnya. (rianto nurdiansyah)