Dunia Usaha Taruh Harapan Besar pada Wagub Baru DKI

Dunia Usaha Taruh Harapan Besar pada Wagub Baru DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur yang baru dilantik yaitu Ahmad Riza Patria. (antara)

INILAH, Jakarta - Kalangan dunia usaha menaruh harapan besar pada Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik yaitu Ahmad Riza Patria untuk bisa membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatasi masalah di Ibu Kota.

"Kita pelaku usaha menaruh harapan besar kepada Wagub untuk dapat bekerja sama secara maksimal dengan Pak Gubernur menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta yang dimulai dari Covid-19, masalah banjir, kemacetan, termasuk tantangan perekonomian pasca-Covid-19 yang penuh tantangan," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Sarman menilai pandemi Covid-19 membuat perekonomian DKI Jakarta lumpuh total. Sebagai kota jasa, aktivitas masyarakat merupakan modal utama dalam menggerakkan berbagai sektor usaha di DKI Jakarta.

Imbauan bekerja dari rumah (work from home) dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga membuat pergerakan masyarakat kian sempit dan kondisi tersebut dinilai sangat mematikan berbagai bidang usaha di DKI Jakarta mulai dari sektor usaha pariwisata dan turunannya hingga sektor perdagangan.

Hal itu dinilai akan sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta yang akan turun secara drastis.

"Dengan kondisi ini tentu akan menimbulkan masalah baru seperti meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan, tutupnya berbagai pelaku UMKM dan turunnya PAD (Pendapatan Asli Daerah) DKI Jakarta," katanya.

Kendati punya tantangan besar, kalangan dunia usaha optimis, bahwa dengan berbagai pengalaman yang dimiliki Wagub DKI yang baru, tantangan besar itu akan mampu dihadapi dengan kolaborasi dan kerja sama yang utuh bersama Gubernur DKI Jakarta.

"Apalagi pak Riza Patria memiliki kesamaan dengan mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga S Uno, di samping beliau sebagai aktivis kepemudaan tapi juga punya latar belakang pengusaha, pernah aktif di HIPMI dan pengurus Kadin Indonesia. Artinya Pak Riza Patria akan dapat membantu secara penuh Pak Gubernur dalam mengatasi berbagai permasalahan perekonomian di DKI Jakarta," ujar Sarman yang juga Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Provinsi DKI Jakarta itu. (antara)