Warga Soreang Tagih Janji Perumda Tirta Harja Soal Kerusakan Trotoar

Warga Soreang Tagih Janji Perumda Tirta Harja Soal Kerusakan Trotoar

INILAH,Bandung- Warga Kecamatan Soreang mempertanyakan perbaikan trotoar pasca di lakukan penggalian untuk kepentingan pemasangan pipa air minum milik Perumda Tirta Raharja disepanjang Jalan Raya Soreang arah ke Kantor Pemkab dan kawasan ibu kota Kabupaten Bandung. Karena pasca dilakukan penggalian dan pasangi pipa, bekas galian masih dibiarkan berantakan.

Salah seorang tokoh pemuda Soreang, Pandu Merdeka mengatakan, pembangunan trotoar disepanjang Jalan Raya Soreang atau dikawasan Ibu Kota Kabupaten Bandung itu baru selesai dibangun sekitar akhir 2019 lalu. Namun, trotoar yang baru saja selesai dibangun itu dibongkar kembali dibeberapa bagian untuk pemasangan pipa utama milik Perumda Tirtaraharja milik Pemkab Bandung. Akibatnya, trotoar yang baru saja dibangun itu menjadi berantakan dan merusak pandangan mata.

"Sebagai masyarakat tentu kami kecewa melihat trotoar yang baru saja dibangun pakai duit APBD, kemudian dibongkar lagi dan dibiarkan begitu saja. Kerusakan trotoar ini tentu mengganggu kenyamanan dan keindahan kawasan ibu kota Kabupaten Bandung. Alangkah baiknya jika pihak terkait baik itu Perumda Tirtaraharja  maupun Dinas PUTR Kabupaten untuk segera menyelesaikan tanggungjawabnya," kata Pandu, Rabu (15/4/2020).

Dikatakan Pandu, bekas galian pipa PDAM diatas trotoar itu terlihat mulai dari Jalan Raya Terusan Alfathu memanjang terus hingga ke Jalan Raya Soreang arah Warung Lobak Katapang. Lubang-lubang diatas trotoar hanya diurug oleh tanah, padahal sebelumnya trotoar tersebut telah dicor rapi dilengkapi dengan jalur khusus bagi pengguna jalan penyandang tuna netra.

Sebelumnya diberitakan,  Manager Junior Humas Perumda Tirtaraharja, Sri Hartati menjelaskan, pemasangan pipa di trotoar di sepanjang Jalan Raya Terusan Alfathu Soreang hingga Warunglobak itu akan diperbaiki kembali setelah pemasangan pipa utama 400 mm itu rampung. Kata dia, pembongkaran sebagian trotoar di Jalan Altlfathu sudah seizin dari pihak terkait, yakni Dinas PUTR Kabupaten Bandung.

"Sebelum pelaksanaan proyek, kami sudah koordinasi dan mendapatkan izin dari dinas terkait. Selain itu, kami juga punya komitmen untuk memperbaiki kembali trotoar tersebut seperti sedia kala. Kami juga memohon maaf pada masyarakat atas ketidaknyamanan ini. Namun demikian, apa yang kami lakukan ini sama sama untuk kepentingan masyarakat banyak," ujarnya, Kamis (7/2/2020).

Dikatakan Sri, direncanakan pemasangan pipa utama dari Jalan Raya Tarusan Alfthu hingga Warunglobak itu rampung pada Mei mendatang. Selama pemasangan pipa itu, pihaknya juga terus melakukan pengawasan pekerjaan yang tengah dilaksanakan oleh kontraktor pihak ketiga itu.

"Tim pengawas dari Perumda Tirtaraharja akan terus mengawasi pengerjaan itu. Serta memastikan semua proses pengerjaannya aman dan tidak membahayakan masyarakat," katanya.(rd dani r nugraha).