Kabar Baik! Wander Luiz dan Ayahnya Negatif Virus Corona

Kabar Baik! Wander Luiz dan Ayahnya Negatif Virus Corona
Striker Persib Bandung Wander Luiz. (Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung - Persib Bandung akhirnya bisa bernafas dengan lega. Pasalnya hasil tes kedua strikernya Wander Luiz dinyatakan negatif dari virus Corona (Covid-19).

Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani mengatakan hasil ini sesuai dengan perkiraan sebelumnya. Sebab selama menjalani isolasi secara mandiri dalam waktu 14 hari, striker asal Brasil itu tidak menunjukan gejala-gejala, baik itu batuk, demam hingga pilek. 

Tak hanya itu, Rafi juga menyebutkan hasil negatif juga dialami Ayahandanya Wander Luiz. Pria bernama Leleo Bandeira itu tak terpapar Covid-19 meski selama ini selalu bersama-sama dengan Wander Luiz. 

"Hari ini Rabu 15 April, hasil kedua tes Wander Luiz dan orang tuanya yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan, yakni negatif," ujar Rafi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (15/4/2020). 

Dengan hasil ini, kata Rafi, keduanya bisa melakukan penerbangan untuk pulang ke negara asalnya Brasil. Apalagi keduanya sudah mendapatkan surat bebas Covid-19 dari Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 

"Tetapi dia (Wander Luiz dan Ayahnya) harus tetap melakukan sosial distancing dengan baik. Karena ada kemungkinan bisa terpapar lagi. Karena hasil negatif dalam bentuk surat ini hanya untuk kepentingan yang bersangkutan untuk kembali ke negaranya," jelasnya.

Rafi juga mengaku sudah memberikan pesan kepada Wander Luiz dan Ayahnya untuk tetap membatasi aktivitasnya bila sudah kembali ke Brasil. 

"Tetap saya menekankan supaya stay at home dengan menyenangkan, melakukan sosial distancing dengan baik, lakukan perilaku hidup yang bersih dan sehat dan pada saat nanti ke Brasil mungkin nanti ada aturan-aturan yang mesti diikuti pemerintahan negaranya," pungkasnya.

Pada tes pertama yang digelar di Graha Persib, Jalan Sulanjana, 26 Maret lalu, Wander Luiz dinyatakan positif terpapar Covid-19. Alhasil, dia harus menjadi isolasi mandiri. 

Kini, proses isolasi mandiri yang dilakukan Wander Luiz sudah memasuki 14 hari. Sehingga diperlukan tes ulang menggunakan polymerase chain reaction (PCR) untuk mengetahui perkembangan dari kesehatan dari pemilik nomor punggung 9 ini. 

Hasilnya, Wander Luiz beserta Ayahnya dinyatakan negatif dari Covid-19. Sehingga keduanya bisa mewujudkan harapannya untuk bisa pulang ke negara asalnya Brasil.(Muhammad Ginanjar)