Jelang Ramadan, MUI Imbau Warga Ibadah di Rumah

Jelang Ramadan, MUI Imbau Warga Ibadah di Rumah
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan imbauan bagi umat islam dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dalam masa pandemi Covid-19. Mengenai ibadah salat tarawih dan witir, MUI mengimbau agar pelaksanaan salat malam itu dilakukan dirumah masing-masing.

"Kita jadikan rumah tangga sebagai pusat kegiatan ibadah Ramadhan bersama keluarga. Kita jadikan rumah sebagai sentrum kegiatan ibadah," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, di graha BNPB, Rabu (15/4/2020).

Asrorun menambahkan, ibadah di rumah tetap bisa dilaksanakan dengan maksimal, selain shalat tarawih, shalat malam, membaca Al-Quran, serta quality time bersama keluarga.

"Ibadah tarawih kita bersama-sama dengan keluarga dengan istri dengan anak-anak, yang pada kondisi tertentu kita alpa dan hilang kesempatan itu,"
Ia juga mengimbau beberapa kebiasaan Ramadhan seperti buka puasa bersama, tadarus dan sedekah secara langsung diubah.

"Kebiasaan sedekah buka puasa bersama dalam bentuk makanan, kita undang tetangga atau kita hadir dengan buka bersama, kita geser dan kita ganti dengan cara mengirimkannya ke rumah oleh petugas ke rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan. Kebiasaan zakat disalurkan dalam bentuk langsung kita geser menjadi zakat ke lembaga lembaga amil yang terpercaya secara online," ujarnya.

"Sekali lagi saya tekankan, pembatasan kerumunan bukan membatasi ibadah karena menurut para ahli kerumunan dalam situasi sekarang menjadi faktor potensial penyebaran wabah," tandasnya. [Inilahcom]