Pengelola Wisata Wajib Kedepanan Aspek Keamanan Pengunjungnya

Pengelola Wisata Wajib Kedepanan Aspek Keamanan Pengunjungnya
istimewa

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, sejauh ini telah mendorong seluruh pengelola pariwisata supaya memperhatikan kelengkapan fasilitas penunjang di lokasi wisata. Salah satunya, terkait standar perlindungan dan keselamatan bagi pengunjungnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya, Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saefudin mengakui, sampai saat ini ada sebagian dari para pengelola wisata ini yang belum memerhatikan aspek tersebut. Padahal, menurutnya, pengelola wisata wajib menjamin keselamatan dan kenyamanan pengunjungnya.

“Salah satu upaya kami, yakni dengan mendorong supaya pengelola wisata bekerja sama dengan pihak asuransi. Supaya, keselamatan pengunjung terjamin,” ujar Agus, Kamis (14/4/2020).

Selain mendorong kerjasama dengan asuransi, Agus berpesan juga supaya para pengelola menyiapkan perangkat keamanan dan keselamatan lainnya. Misalnya, menyiapkan petugas medis, lifeguard, medical tool, dan fasilitas penunjang lainnya. Tak kalah penting, mereka wajib memerhatikan aspek kebersihan lokasi.

Agus berpendapat, ikhtiar ini bisa menjadi bentuk perlindungan pengelola wisata terhadap wisatawannya yang berkunjung. Dalam hal ini, pihaknya meminta kerjasama yang baik dari setiap pengelola pariwisata untuk terus mendorong Kabupaten Purwakarta sebagai daerah tujuan wisata. 

“Jangan sampai kontra produktif dengan positifnya tingkat kunjungan wisata,” jelas dia. 

Agus mengaku, beberapa waktu lalu imbauannya ini telah disampaikan kepada seluruh pengelola wisata yang ada. Dia berharap, imbauannya ini bisa dijalankan guna memaksimalkan pelayanan kepada para wisatawan.

Agus menambahkan, di tengah wabah virus corona yang sedang merebak ini pihaknya pun turut berjibaku untuk melakukan serangkaian antisipas. Salah satunya, meminta kepada seluruh pengelola tempat wisata, termasuk tempat hiburan malam (THM) untuk tutup sementara waktu.

“Keselamatan, keamanan dan kenyamanan wisatawan selama ini jadi agenda priotas kami. Karena alasan itulah, pengawasan di berbagai sektor wisata menjadi hal penting. Apalagi, di tengah wabah corona seperti saat ini,” kata dia.

Dalam imbauan yang dibungkus surat edaran itu juga meminta supaya pengelola hotel atau penginapan untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan dan sabun antiseptic untuk pengunjungnya. Khususnya, di area toilet dan tempat makan. Termasuk memeriksa kondisi tubuh pengunjung dan karyawan dan memastikan kebersihan lokasi secara berkala. (Asep Mulyana)