Tri Gaet Nokia Optimalkan Jaringan 4G

Tri Gaet Nokia Optimalkan Jaringan 4G
istimewa

INILAH, Jakarta - 3 Indonesia kembali mengoptimalkan kapasitas jaringan 4G mereka di Indonesia dengan menerapkan teknologi 3G-4G Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dari Nokia.

Melalui teknologi DSS ini, 3 Indonesia sebagai penyedia layanan telekomunikasi, dapat mengalokasikan spektrum 3G untuk jaringan 4G. Dengan demikian, 3 Indonesia mampu mengoptimalkan penggunaan spektrum sesuai kebutuhan pelanggan mereka di daerah tersebut.

Sebagai contoh, di daerah dengan penggunaan jaringan 3G yang cenderung menurun, 3 Indonesia bisa secara bertahap mengalihfungsikan spektrum 3G ke 4G sehingga kapasitas jaringan 4G di daerah tersebut meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih optimal. 3 Indonesia menjadi yang pertama kali menerapkan teknologi 3G-4G DSS milik Nokia di Indonesia.

"Teknologi DSS memungkinkan kita untuk mengelola kapasitas jaringan dengan optimal, secara otomatis tanpa perlu pengendalian manual. Seiring dengan penggunaan jaringan 4G yang terus meningkat dan 3G yang terus menurun, teknologi ini memberi kita keleluasaan meningkatkan bandwidth 4G di daerah yang banyak menggunakan 4G, tetapi tetap dapat mempertahankan kapasitas 3G di daerah yang penggunaannya masih tinggi," kata Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung. "Dengan kapasitas jaringan kami yang semakin optimal dan sesuai kebutuhan di masing-masing daerah, 3 Indonesia dapat memberikan konektivitas internet yang lebih berkualitas."

Teknologi DSS ini telah diterapkan di Makassar pada awal tahun ini. Berdasarkan hasil uji coba internal, teknologi ini mampu meningkatkan bandwidth 4G sebanyak 1,8 MHz dan menghasilkan kapasitas 18% lebih banyak bagi pengguna jaringan 4G tanpa mengorbankan layanan di jaringan 3G. Menindaklanjuti kesuksesan ini, 3 Indonesia dan Nokia akan terus bekerja sama untuk menerapkan teknologi ini dalam skala nasional.

"Kami sudah lama bermitra dengan 3 Indonesia dan sangat senang bahwa 3 dapat memelopori penggunaan DSS 3G-4G kami di Indonesia. Kesuksesan uji coba ini menunjukkan keunggulan kami dalam membantu 3 Indonesia untuk mengoptimalisasi jaringannya secara efisien," kata Vice President of Mobile Networks in Asia Pacific & Japan at Nokia Andrew Cope.

3 Indonesia saat ini mengelola lebih dari 10.000TB lalu lintas data setiap harinya dan melayani 32 juta pelanggan aktif dengan lebih dari 95% di antaranya adalah anak muda. Dengan optimalisasi jaringan ini, 3 Indonesia menegaskan kembali komitmen mereka untuk selalu memenuhi kebutuhan internet bagi pelanggannya yang memiliki gaya hidup digital yang tinggi dan menyamaratakan kesempatan anak muda Indonesia untuk bisa mengembangkan potensinya melalui internet. (inilah.com)