Lawan Corona dengan Jaga Kebersihan Saluran Nafas dan Rongga Mulut

Lawan Corona dengan Jaga Kebersihan Saluran Nafas dan Rongga Mulut
(Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Bukan hanya kebersihan tangan, menjaga kebersihan saluran pernafasan salah satunya menggunakan preparat alami mengandung Iota Carrageenan juga bisa mencegah infeksi virus seperti corona (hCOV, SARS-COV, dan MERS-COV), menurut sebuah riset terbaru.

”Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab COVID-19 oleh karena itu kebersihan saluran pernapasan sangat penting," ujar Educator & Trainer Mundipharma, dr. Mery Sulastri dalam siaran persnya, Kamis.

Dia mengatakan, sebuah riset menunjukkan, Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit penapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.

Selain itu, menjaga kebersihan rongga mulut dan tenggorok dengan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung Povidone-Iodine (PVP-I) juga terbukti klinis mencegah SARS-COV dan MERS-COV.

Riset secara in vitro menunjukan indikasi PVP-I skin cleanser 7,5 persen dan PVP-I Gargle and Mouthwash 1 persen efektif melawan SARS COV dan MERS CoV.

”Melihat penelitian secara in vitro yang telah terbukti dari PVP-I, saya yakin metode tersebut efektif untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus dari udara atau tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi," kata Mery.

Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi FKUI, dr Anis Kurniawati mendukung riset ini. Dia mengatakan penggunaan antiseptik dengan aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas, seperti contohnya Povidone-Iodine dapat mendukung dalam mencegah penyebaran infeksi COVID-19.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengimbau masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit dan infeksi melalui kebersihan diri dan saluran pernafasan serta keamanan pangan. (Antara)