Tim Gerak Cepat Lacak dari 19 Kontak Erat Positif Covid-19 Asal Selaawi

Tim Gerak Cepat Lacak dari 19 Kontak Erat Positif Covid-19 Asal Selaawi

INILAH, Garut - Menyusul temuan kasus baru pasien positif Covid-19 warga Kecamatan Selaawi utara Kabupaten Garut, Tim Gerak Cepat di bawah kendali Seksi Surveilans Dinas Kesehatan berhasil melacak sebanyak 19 warga terkontak erat dengan pasien tersebut.

Hasilnya, setelah dilakukan rapid test terhadap 19 orang itu dua orang di antaranya didapati reaktif Covid-19. Keduanya lelaki berdomisili di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul berusia 61 tahun, dan 51 tahun.

"Terhadap kedua orang reaktif ini telah dilakukan pengambilan sampel swab untuk memastikan terjangkit tidaknya oleh Covid-19. Sekarang, sedang dalam tahap isolasi mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan swab," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat, Kamis (16/4/2020).

Dia menyebutkan, masih terdapat satu lokasi lagi akan dilakukan pelacakan dengan sasaran sebanyak 23 kontak erat yang sudah terdata di seksi surveilens Dinas Kesehatan untuk dilakukan tes cepat.

Dengan ditemukannya dua orang reaktif Covid-19, hingga sekarang di Garut ditemukan sebanyak 6 reaktif Covid-19 hasil tes cepat dengan satu di antaranya kemudian dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Hingga kini, total jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sendiri mencapai sebanyak 2.285 kasus, terdiri OTG  219 kasus, ODP 2.028 kasus, PDP 35 kasus, dan positif Covid-19 sebanyak 3 kasus.

Dari sebanyak 219 kasus OTG (orang tanpa gejala), sebanyak 156 kasus di antaranya selesai masa observasi dan telah dilakukan tes cepat dengan hasil dinyatakan nonreaktif.

Dari sebanyak 2.028 kasus ODP, sebanyak 150 kasus masih pemantauan, 11 dalam perawatan,  dan 1.867 selesai pemantauan. Terdapat sebanyak 7 kasus ODP meninggal dunia.

Dari sebanyak 35 kasus PDP, sebanyak 8 kasus sedang dalam perawatan dan 27 kasus selesai pengawasan. Terdapat sebanyak 6 kasus di antaranya meninggal dunia.
Sedangkan jumlah kasus positif Covid-19 hingga kini masih tetap sebanyak 3 kasus. Satu pasien perempuan asal Garut Kota menjalani isolasi mandiri di rumah, satu pasien laki-laki asal Wanaraja, dan satu pasien asal Selaawi dirawat di RSU dr Slamet Garut. (Zainulmukhtar)