Seorang Anak di Dayeuhkolot Sumbangkan Tabungan Rp453.300 untuk APD Tenaga Medis

Seorang Anak di Dayeuhkolot Sumbangkan Tabungan Rp453.300 untuk APD Tenaga Medis
Foto: Dani R Nugraha

INILAH,Bandung - Demi membantu para tenaga medis yang tengah berjuang melawan penyebaran wabah virus corona, Mohammad Hafidh (9) siswa SDN Pasigaran 3 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung rela menyumbangkan uang tabungannya. Diantar ibunya, Hafidh mendatangi Mapolsek Dayeuhkolot dengan tujuan untuk menyerahkan uang tabungannya, Kamis (16/4/2020).

Putra pasangan Ruhiyatna dan  Rikoh Rotikoh ini berniat menyumbangkan uang celengannya untuk membantu para tenaga medis dalam penangangan wabah Covid-19.

"Tabungannya sudah sembilan bulan dia isi dengan uang koim recehan. Dia sisihkan uang jajannya di sekolah untuk ditabung," kata Rikoh di Mapolsek Dayeuhkolot.

Kepada ibunya yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bakso itu, Hafidh mengutarakan keinginannya membantu penanganan wabah Corona dengan membelikan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. Ia pun minta kepada ibunya untuk mengantar ke kantor polisi.

"Terus anak saya ngomong mau menyumbangkan uang tabungannya. Saya tanya untuk apa. Anak saya jawab untuk membantu membeli APD buat para perawat," ujarnya.

Rikoh mengaku hanya memberikan uang jajan sehari Rp2.000 untuk Hafidh. Ayahnya sehari-hari bekerja sebagai tukang servis elektronik. Menurut Rikoh, awalnya Hafidh menabung untuk membantu kakaknya yang punya rencana menikah.

"Dia bilang ingin wabah virus Corona yang menimpa Indonesia segera berakhir, supaya bisa bersekolah dan bermain kembali dengan teman-temannya," katanya.

Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Sudrajat yang menerima Hafidh dan ibunya,  sangat mengapresiasi inisiatif dari anak kecil ini. Menurutnya Hafidz adalah anak berjiwa besar dan mulia yang tergarak hatinya ingin membantu dalam penanganan wabah Covid-19.

"Uang koinnya disimpan di kaleng bekas kue. Berisikan uang pecahan koin mulai dari pecahan Rp100, Rp500, dan Rp1.000. Lalu, kami menghitung sama-sama Hafidh dan ibunya. Uang tabungan Hafidh itu total berjumlah Rp453.300," katanya. (Dani R Nugraha)