Bantu Penanganan Covid-19, Satpol PP Purwakarta Kerahkan Kekuatan Linmas

Bantu Penanganan Covid-19, Satpol PP Purwakarta Kerahkan Kekuatan Linmas
istimewa

INILAH, Purwakarta - Wabah virus corona, masih cukup memprihatinkan. Seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta terus melakukan serangkaian upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran covid-19 itu supaya tak terus meluas.

Pemkab Purwakarta pun, sejauh ini telah menurunkan kekuatan penuh untuk menanggulangi wabah tersebut. Bahkan, gandeng tangan seluruh pegawai pemerintahan terjalin erat hingga tingkat bawah.

Dalam penanggulangan penyebaran covid-19 itu, pemerintah turut mengerahkan petugas perlindungan masyarakat (Linmas) uang ada dibawah naungan satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

Kabid Linmas, Satpol PP Purwakarta, Bayu Permadi menuturkan, pihaknya telah menyiagakan petugas Linmas di setiap desa yang ada. Mereka, dikerahkan untuk turut berperan aktif dalam penanggulangan wabah virus yang saat ini tengah merebak.

"Setiap desa, kita sebar sedikitnya 15 petugas. Termasuk, tiga orang yang disiagakan di posko Bale Panggeuing Covid-19 yang dibentuk di tiap RW," ujar Bayu kepada INILAH, Jumat (17/4/2020).

Dalam hal ini, lanjut Bayu, peran petugas linmas ini bukan hanya membantu pengamanan saja. Tapi, turut berperan aktif melakukan pencegahan. Semisal, melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tersebut. Pihaknya mengapresiasi peran serta mereka, kendati mereka tak diberi honor apapun.

"Selain itu, mereka juga turut berperan untuk menyampaikan informasi terkait edaran pemerintah ke masyarakat. Misalnya soal Social Distancing dan wajib menggunakan masker saat beraktifitas. Kemudian, membantu mengawasi jika ada warga yang datang dari wilayah zona merah," tambah dia.

Dia menambahkan, pemerintah sengaja mengerahkan anggota Linmas ini sebagai bantuan untuk turut andil memutus mata rantai penyebaran corona ini. Karena, seperti yang diharapkan oleh suluruh lapisan masyarakat, semoga wabah ini cepat berlalu. (Asep Mulyana)