Unpad Buka Layanan Konsultasi Psikologi via Online

Unpad Buka Layanan Konsultasi Psikologi via Online
istimewa

INILAH, Bandung - Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka layanan konsultasi psikologi secara daring (online). Layanan konsultasi ini terbuka tidak hanya untuk sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad, tetapi juga untuk masyarakat umum.

Layanan konsultasi psikologi daring dikembangkan, utamanya untuk menangani beragam permasalahan mental yang terjadi di tengah kedaruratan Coronavirus (COVID-19). Penanganan psikologi daring ini dikelola langsung oleh Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Fakultas Psikologi Unpad.

Wakil Dekan Fakultas Psikologi Unpad Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP, Ph.D., mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini apabila membutuhkan konsultasi psikologi untuk beragam permasalahan yang tidak dapat ditangani sendiri.

“Pada dasarnya layanan konsultasi ini memang dalam konteks pandemi COVID-19. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi klien yang memiliki masalah psikologis sebelumnya dan tidak bisa konsultasi karena diberlakukannya work from home,” ujarnya, Jumat (17/4/2020).

Lebih lanjut dosen yang akrab disapa Rosi ini mengatakan, layanan konsultasi daring dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Memanfaatkan aplikasi Google Hangout, layanan ini diharapkan dapat segera mencapai masyarakat yang membutuhkan bimbingan psikologi tanpa harus keluar rumah.

Nantinya, klien akan berkonsultasi langsung dengan psikolog. Lama konsultasi sesuai kebutuhan. Untuk kasus psikologi ringan, konsultasi bisa dilakukan dengan satu sesi pertemuan.

“Pada kasus psikologi yang lebih berat bisa beberapa sesi tergantung penilaian dari psikolog kami,“ jelas Rosi.

Proses konsultasi dilakukan melalui layanan percakapan (chat) antara klien dan psikolog dalam Google Hangout. Tentunya, aplikasi ini mudah digunakan oleh masyarakat, mengingat umumnya  ini sudah tersedia di perangkat telepon pintar Android.

Untuk mendapatkan layanan konsultasi daring ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri dan menentukan jadwal konsultasi pada alamat email yang tertera di laman https://www.pipunpad.id/. Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari mulai 08.30 hingga 16.00 WIB. Khusus mahasiswa dan tenaga kesehatan, layanan konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Setelah mendapatkan jadwal, calon klien akan diminta membaca dan mengisi formulir yang dikirimkan melalui surel balasan. Selanjutnya, klien dapat melakukan konsultasi sesuai jadwal dengan menggunakan aplikasi Google Hangout.

Rosi berharap, layanan ini dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan penanganan psikologis. “Harapannya kami dapat melayani sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad, para tenaga kesehatan dan juga masyarakat yang mengalami gejala psikologis dalam situasi pandemi COVID-19,“ kata Rosi. (Okky Adiana).