PSBB Disetujui, Wilayah Bandung Raya Diimbau Adaptasi Persiapan

PSBB Disetujui, Wilayah Bandung Raya Diimbau Adaptasi Persiapan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (istimewa)

INILAH, Bandung-Persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bandung Raya sudah 100 persen. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengimbau masyarakat di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang agar melalukan adaptasi persiapan menjelang PSBB. 

Diketahui, PSBB wilayah Bandung Raya ini disahkan menyusul persetujuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Keputusan (SK) nomor HK.O 1.07/MENKES/259/2O2O yang diterima Pemprov Jabar pada Jumat (17/4/2020). Di mana akan dilaksanakan pada Rabu (22/4/2020) ini. 

"Kami mengimbau masyarakat di Bandung raya yang jumlahnya mendekati 9-10 juta agar melakukan adaptasi persiapan dalam melaksanakan PSBB ini. Taati peraturan yang dikeluarkan walikota dan bupati," ujar Gubernur Jawa Barat,  Jumat (17/4/2020).

Ridwan Kamil mengatakan, bilamana ada yang melakukan pelanggaran di massa PSBB ini maka akan ada sanksi, salah satunya surat tilang atau blanko surat teguran kepada mereka yang melanggar. Adapun PSBB akan berlangsung selama 14 hari. 

"Dengan kedisiplinan, harusnya tidak perlu dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Tapi kalau kita tidak disiplin, PSBB akan dilanjutkan tanpa ada persetujuan dari Kemenkes," imbuh dia. 

Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengklaim, secara teknis persiapan PSBB di Jabar sudah siap 100 persen termasuk kesiapan dari kepolisian, TNI dan logistik. Namun, terkait sosialisasi masih harus didorong agar pelaksanaan bisa lebih optimal. 

"Sosialisasi akan dilakukan selama empat hari. setelahnya pada Rabu akan dilangsungkan PSBB," katanya.

Emil memastikan pelaksanaan PSBB di Bandung Raya pun akan diiringi dengan pengetesan massal sebanyak-banyaknya. Tujuan PSBB memberikan ruang disiplin kepada daerah dan dilacak sampai dilakukan pengetesan. 

"Hingga di akhir kita mengetahui siapa yang masuk zona diwaspadai," katanya.  (riantonurdiansyah)