Gak Nyangka! Ternyata Abdul Aziz Dulunya Pemain Futsal

Gak Nyangka! Ternyata Abdul Aziz Dulunya Pemain Futsal

INILAH, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz Lutfi Akbar buka-bukaan soal perjalanan kariernya sebagai pesepak bola profesional. Pemilik nomor punggung 8 ini mengaku awalnya  pemain futsal. 

 

Tepatnya saat memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP), Aziz mulai menggemari olahraga futsal. Terlebih di sekolahnya itu olahraga futsal masuk dalam ekstrakulikuler. "SMA juga ikut turnamen antar sekolah, disitu sering ikut futsal," ungkap Aziz. 

 

Di tahun 2012, kualitas Aziz sebagai pemain futsal mendapatkan sorotan. Dia dipercaya untuk bergabung dengan tim Futsal Kota Bandung (FKB). 

 

"Aziz juga ikut tim futsal Jabar di PON. Terus saat Liga berhenti pada tahun 2016, gabung Libido sebelum akhirnya gabung Persiba Balikpapan," bebernya. 

 

Aziz mengaku tak merasa canggung saat memindahkan haluannya dari futsal ke sepak bola. Sebab dua olahraga ini tak memiliki perbedaan yang sangat besar. 

 

"Semua teknik di futsal bisa diaplikasikan di sepak bola. Sangat bermanfaat sekali karena kita dituntut berpikir lebih cepat dan lebih cepat ambil keputusan, melatih kreativitas dan improvisasi sentuhan bola," tuturnya. 

 

Aziz  berpikir sepak bola lebih menjanjikan ketimbang futsal. Karenanya, dia memilih sepak bola hingga  dipercaya membela Persib Bandung pada musim 2019 lalu. 

 

"Futsal sangat menyenangkan sebagai hobi. Tapi sepak bola lebih menjanjikan karena cita-cita Aziz sejak kecil menjadi pesepak bola," katanya.

 

Meski demikian, Azis tak lantas melupakan futsal. Sesekali Aziz bermain futsal demi mengasah kemampuannya terutama tekniknya dalam mengolah si kulit bundar. 

 

"Ketika ada libur juga Aziz suka menyempatkan waktu buat bermain futsal dan menambah kepercayaan diri karena sering menyentuh bola. Jadi have fun," tegasnya.

 

Namun untuk saat ini, Aziz hanya bisa menjalani latihan secara mandiri di rumahnya. Sebab wabah virus corona (Covid-19) belum kunjung mereda. 

 

"Tapi ini juga untuk kebaikan kita semua. Mudah-mudahan virus corona ini segera berakhir, sehingga kita bisa berkumpul latihan bersama-sama lagi dan bisa memulai kembali lagi Liga," harapnya.(Muhammad Ginanjar)