Kelurahan Karet Kuningan Gencarkan Patroli Sapol PP di Masa PSBB

Kelurahan Karet Kuningan Gencarkan Patroli Sapol PP di Masa PSBB
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan menggencarkan patroli yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menegakkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota.

Para petugas Satpol PP itu berpatroli menggunakan lima sepeda motor, petugas yang berada di barisan depan berboncengan dengan salah satu di antaranya membawa pengeras suara.

"Mohon bapak Ibu jangan lupa pakai masker, jangan bergerombol lebih dari lima orang," kata petugas yang membawa pengeras suara.

Anna salah satu penghuni RT 08/ RW 07 kelurahan Karet Kuningan mengatakan patroli serupa sering dilihatnya sejak tiga hari yang lalu di lingkungannya.

"Udah dari tiga hari yang lalu sih saya lihat, teman saya pernah kena tegur sama petugas patroli itu. Waktu teman saya ke Pasar Mencos dia lupa pakai masker, jadi ditunjuk sama yang patroli disuruh pakai masker," kata Anna.

Hal senada turut diungkapkan oleh warga lainnya, Prita yang mengatakan setiap harinya kerap berpapasan dengan patroli Satpol PP dari Kelurahan Karet Kuningan.

"Sejak PSBB dimulai, itu patrolinya saya lihat pas jam makan siang jam 12.00 WIB, terus sore kayak sekarang jam 17.00 WIB, hingga malam jam 20.00 WIB," kata Prita.

Nampaknya patroli tersebut digencarkan paling lama di tempat-tempat keramaian seperti di pasar.

"Mereka kalau di Pasar Mencos bahkan berhenti dulu. Tidak muter. Berhenti buat nertibin pedagang-pedagang makanan yang kadang suka nakal gelar kursi buat orang makan di tempat. Kan sekarang ga boleh makan di tempat ya," kata Prita.

Seperti yang diketahui,  PSBB sudah genap satu minggu berjalan di Ibu Kota. Sayangnya masih banyak masyarakat yang ditemukan melanggar aturan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Sebagian kecil masyarakat pun masih nampak abai dalam menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (antara)