Disdik KBB: PPDB 2020 Masih Daring

Disdik KBB: PPDB 2020 Masih Daring
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Dadang A. Sapardan. (agus sn)

INILAH, Ngamprah - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat segera menyosialisasikan informasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah KBB.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Dadang A. Sapardan mengungkapkan, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih melalui daring (online). Sedangkan untuk sistemnya menggunakan jalur zonasi, perpindahan, afirmasi, dan prestasi.

"Jalur afirmasi itu termasuk baru karena diperuntukkan bagi anak-anak tidak mampu, dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Program Keluarga Harapan (PKH)," ujarnya.

Dadang menjelaskan, meski melalui jalur afirmasi, tetap tidak gratis. Jadi nanti ada slot khusus untuk anak-anak pemegang KIP sebesar 15 persen, nantinya mereka bersaing antara pemilik KIP sesuai wilayah zonasi tersebut.

Dadang mengaku, PPDB daring ini masih efektif, namun pihaknya memastikan juga adanya sistem pendaftaran offline. Untuk persyaratannya, lanjut dia, nilai harus di-upload dengan format PDF. "Mudah-mudahan Covid-19 sudah selesai begitu PPDB dimulai," ujarnya

Lebih jauh Dadang menjelaskan, PPDB akan di mulai akhir Juni mendatang. Saat ini, kata dia, pihaknya baru melakukan sosialisasi khusus. "Sekarang sedang menyusun regulasi, bulan Mei regulasi harus sudah disosialisasikan. Ya, habis Lebaran," jelasnya. (agus sn)